Plt. Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko meminta agar tidak ada provokasi buruh untuk memusihi pengusaha.  Permintaan tersebut disampaikan usai mengibarkan bendera start jalan santai dalam peringatan May Day tahun 2018 di Halaman Gedung Korpri Kota Salatiga  1/5.

“May Day bukan bukan bulan dimana menjadi moment berseberangannya buruh dengan pengusaha. Malah harus sebaliknya, tingkatkan kerjasama antara keduanya dan pemerintah. Sumber Daya Manusia (SDM) kita itu keterampilannya relatif, sehingga menjadi tugas bersama pengusaha dan pemerintah untuk meningkatkan skill para pekerja. Pengusaha tidak mungkin membiayai peningkatan SDM tersebut, maka pemerintah membantu dengan memberikan pelatihan baik secara formal dan nonn formal,” Plt Gubernur menyampaikan.

“Dari sekitar 260 juta jiwa penduduk Indonesia, kita memiliki modal SDM 35 juta jiwa jadikan itu kekuatan membangun. Bersama dengan pengusaha dan pemerintah untuk menyambut bonus demografi, dan PR pemerintah adalah penguatan SDM, tingkatkan fasilitas kesehatan dan pendidikan,” imbuhnya.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Kapolda Jawa Tengah, Kasdam Diponegoro, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Walikota dan Wakil Walikota salatiga beserta ibu, sekretaris daerah Kota Salatiga, Forkopimda, ketua Apindo Salatiga, dan ketua-ketua oraganisasi buruh di Salatiga.

Pudjo Asril penanggung jawab peringatan May Day 2018 Kota Salatiga menjelaskan bahwa hari ini tidak kurang dari 5000 buruh hadir. “Kegiatan yang kami lakukan dalam puncak acara May Day kali ini adalah senam sehat, jalan sehat, hiburan, pembagian doorprize, bazar, dan pemeriksaan kesehatan gratis. Hadiah yang diberikan kali ini ada sepeda gunung, kulkas, kompor gas, kipas angin, setrika dan lain-lainnya sejumlah 400 hadiah,” terang Pudjo.

Dalam sambutannya Walikota Salatiga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pekerja di Salatiga yang telah membantu pengusaha dan pemerintah dalam membangun kota. “Terima kasih hari ini bapak ibu semua mau demo. Demonya, demo senam, jalan sehat, bagi-bagi doorprize. Selamat memeperingati May Day Tahun 2018, semoga bapak-ibu dan para buruh semua semakin sejahtera,” ucap Yuliyanto.

Adapun ketua Apindo Salatiga Jencien Restantio berharap kerjasama antara pekerja dan pengusaha semakin erat. “Mari ciptakan iklim usaha yang kondusif, kita bersama-sama bekerja untuk kesejahteraan keluarga,” pesan singkatnya.