Salatiga – Menghadapi perkembangan industri 4.0 semua anggota di masing-masing OPD diharapkan bisa menjadi pelaku kehumasan. Karena informasi yang benar tersebut harus bisa tersampaikan dengan baik ke masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Dra Sri Satuti MM saat membuka Rapat Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) Tingkat Kota Salatiga di Ruang Plumpungan Gedung Setda Lantai 4, yang diikuti oleh  55 peserta, Senin(18/11). Menurutnya, kemajuan di Era indutri 4.0 ini menuntut kita untuk bergerak cepat dan mengikuti perkembangannya dengan baik. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi setiap individu dalam OPD  yang ada di Kota Salatiga.

“Menyampaikan informasi pemerintah yang benar tidak hanya tugas dari  bagian humas Setda saja, namun penyampaiannya juga bisa disampaikan oleh masing-masing bagian humas yang ada di setiap OPD. Saya mengajak agar semua anggota ASN bisa menjadi pelaku humas,”ajaknya.

Dirinya berharap agar di seluruh jajaran OPD, harus ada yang bisa membranding apa yang telah menjadi tugas pokok fungsinya masing-masing. Kita sebagai ASN justru harus berkomentar dan tidak  menyudutkan kinerja pemerintahan di media sosial.

“Adanya unggahan dari masyarakat yang sekiranya buruk, kita jangan ikut terpancing dan justru harus bijak melihat dan menjawab pertanyaan di dalam medsos tersebut,”tandas Sri Satuti.

Lanjutnya, Sri Satuti mengajak agar jangan mudah terpancing dengan adanya ujaran jelek di media sosial. Sebagai upaya untuk mencegah penyebaran berita bohong, kita harus bisa menyaring berita dengan baik dan memberikan penjelasan yang baik pula.

“Ini menjadi tanggung jawab bersama karena kita sebagai seorang ASN. Aturannya sudah jelas ditulis di dalam UU ASN No 5 Tahun 2014. Kita harus bermedsos secara bijak dan profesional,”bebernya.