Salatiga –  Gerakan membagikan ratusan tumbler untuk mengurangi sampah plastik di kota Salatiga mulai digencarkan. Hal ini penting dilakukan untuk membentuk komitmen bersama stakeholder di kota Salatiga.

Wakil walikota Muh Haris SS Msi mengajak dalam peringatan Hari Bumi tanggal 22 April 2019 untuk berkomitmen bersama dan ikut hadir menjaga bumi. Menurutnya, Kita harus menyelesaikan beberapa persoalan, seperti masalah air, sampah, persoalan ledakan penduduk secara bersama-sama.

“ Kita harus hadir disini. Saat ini kita fokus ke dalam penanganan sampah plastik yang ada. Karena kita tidak hanya disibukan dengan repot diet makanan saja akan tetapi juga repot diet plastik,” Ujarnya saat memberi sambutan pada peringatan Hari Bumi Kendalikan Sampah Plastik, di Halaman PT Unza Vitalis, Jumat (26/4).

Menurutnya, kepedulian ini harus kita mulai dari sekarang. Tidak hanya dari keluarga semata namun kebiasaan di kantor juga harus diperhatikan dengan baik terkait sampah plastik yang ada.

“ Gaya hidup kita, ibu dan bapak harus diperhatikan lagi, perlu membiasakan diri misal apabila berbelanja harus membawa tas sendiri untuk mengurangi sampah plastik. Di kantor juga perlu disiapkan dispenser yang terisi penuh air, kita siapkan tumbler sendiri untuk mengambil  air, “ Ajaknya.

Haris juga selalu mengingatkan bahwa kebiasaan dan budaya yang bisa menimbulkan tumpukan sampah sebaiknya bisa dikurangi bahwa ditinggalkan.

“ Kurangi adanya gelas gelas plastik mulai dari sekarang. Kita jaga dari keluarga sampai kantor sehingga langkahn ini juga akan mendukung dipertahankannya Piala Adipura di kota Salatiga. Mari kita kendalikan sampah plastik,” Bebernya.

Terkait banyak sampah plastik , Wakil walikota Salatiga juga sangat prihatin. Sebaiknya sampah itu bisa dikurangi dengan langkah yang bijak terutama di Salatiga.

“ Harus ada semangat untuk mengelola kebiasaan baik untuk mengurangi sampah, sehingga bumi akan awet dan lestari,” Pungkasnya.

Sementara itu, Drs Prasetyo Ichtiarto Msi selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Salatiga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan sebuah langkah bersama untuk membersihkan sampah terutama sampah plastik di kota Salatiga. Sebagai langkah nyata, Dirinya mengajak untuk menggunakan tumbler sebagai pengganti  tempat minum sebagai langkah awal untuk mengurangi sampah plastik yang ada di kota Salatiga.

“ Aksi ini harus kita awali untuk  bagaimana mengendalikan plastik di kota ini. Ini akan menjadi indikator penting sebagai komitmen bersama dan sejalan dengan Kementerian hidup dan Kementrian kehutanan untuk mengurangi sampah,” Jelasnya.

Kegiatan dilakukan dengan melakukan kerja bakti masal dari sepanjang jalan sukarno hatta km 5,5 sampai dengan terminal tingkir. Kegiatan ini diikuti oleh beberapa unsur, dari Korem 073, polres salatiga, kodim 0714, yonif 411, DLH, DPUPR, PKP, PT Unza Vitalis, PT Tri Pilar, PT Metinca Prima, PT Tri Arta Aditama, PT Garda Aroma, PT Cahaya Suprana, PT Kievit, PT Sci, Formulatrik, Pt Isi, dari unsur Kecamatan Tingkir dan Argomulyo, dll.