RSUD Kota Salatiga menjadi wakil Pemerintah Kota Salatiga dalam ajang pameran Pameran Inovasi Kepemimpinan Tahun 2017, yang diadakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Jawa Tengah di Gedung Sasana Widya Praja BPSDMD Provinsi JawaTengah Jl. Setiabudi No, 201A Semarang 6-7 Desember lalu.

Pameran tersebut digagas oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara pribadi, bagi para pejabat yang mengkiuti diklat kepemimpinan dan berhasil melakukan inovasi akan diwadahi dalam sebuah kegiatan pameran. Kebetulan dari Kota Salatiga terpilih RSUD Salatiga dengan inovasi TV Edukasi yang dilakukan oleh Renny Novita Sari, S.Kom., MH selaku peserta Diklat  PIM IV /C.

Pihak manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Salatiga sendiri  memperkenalkan program Televisi (TV) Edukasi kepada masyarakat khususnya yang sedang mengantri berobat di rumah sakit berplat merah tersebut, Selasa (15/8/2017).

TV Edukasi itu pun secara langsung diperkenalkan Direktur RSUD Salatiga Agus Sunaryo bersama Kasubbag Pemasaran dan Humas RSUD Kota Salatiga Renny Novita Sari sebagai inovator di hadapan warga yang sedang duduk mengantri berobat di bagian poliklinik serta bangsal rumah sakit tersebut.

Reny menjelaskan tema yang diangkat dalam inovasi yang dipamerkan adalah “Simple Innovation for Big Goals”. “Saya merasa terharu karena stand kami dikunjungi dan diapresisasi oleh bapak Gubernur dengan berbagai pertanyaan kepada kami. Datang pula ke stan kami kepala BPKP Provinsi Jawa Tengah. Pihak pemkot Salatiga juga mensupport kami terbukti dengan hadirnya direktur RSUD, Kepala BK Dikalatda, kepala Inspektorat, dan Bapak Asisten,” terangnya.

“Meski bentunya adalah video animasi tentang edukasi terkait dengan dunia kesehatan, ternyata mendapat tanggapan positif dari berbagai pihak baik pemerintah juga masyarakat. Para pengunjung RSUD mengaku mendapatkan ilmu yang baru dari tayangan TV Edukasi. Mereka bisa mengetahuai tentang penyakit kaki gajah, diabetes, bagaimana cuci tangan yang benar, dan juga pengetahuan di bidang kesehatan lainnya. Yang lebih menyenangkan  pengunjung adalah tayangan dibuat menarik karena dibuat animasi dan disesuaikan dengan karakter anak-anak,” ungkap Renny.

Renny menjelaskan jika pihak RSUD saat ini membuat konten berjumlah 70 tayangan yang menampilkan acara mencegah penyakit dan dampaknya. Saat ini TV Edukasi sudah terpasah 16 unit di ruang tunggu. Sedangkan di ruang rawat inap telah terpasang 158 perangkat TV Edukasi.