Salatiga – Menghargai jasa pahlawan sebaiknya terus dilakukan oleh generasi muda. Karena jiwa dan semangat  kepahlawanan harus terus berkorbar hingga kini.

Amanat tersebut disampaikan oleh Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan, di Lapangan Pemkot Kota Salatiga, Minggu (10/11). Menjadi pahlawan masa kini harus dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia di semua bidang. Tidak hanya ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, pikiran saja melainkan dengan menorehkan prestasi dan membawa nama harum bangsa di mata dunia.

“Kita harus bangkitkan semangat berinovasi, menghargai jasa dari pahlawan terdahulu. Karena membangun bangsa dan negara merupakan tugas kita bersama dengan menjadi pahlawan masa kini,”ujar Yuliyanto di hadapan ratusan peserta upacara.

Peringatan hari Pahlawan harus terus dijadikan sebuah renungan peristiwa untuk meningkatkan kesadaran kita dalam mencintai tanah air dan menjaganya dengan baik.

“Jangan biarkan negeri ini terkoyak, tercerai berai, terprovokasi dan  saling hasut. Mari kita makni secara nyata untuk kemajuan bangsa,”tuturnya.

Yuliyanto mengajak agar nilai-nilai kepahlawanan bisa tumbuh subur di dalam hati setiap masyarakat. Karena semangat itu dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan kepedulian kita terhadap sesama.

“Menghargai jasa pahlawan menjadi hal penting, karena bangsa besar adalah bangsa yang mau mengenal dan menghargai jasa pahlawannya,”bebernya.

Di Kota Salatiga sendiri, peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 dihadiri oleh jajaran forkompinda, unsur TNI, Polri, DPRD, ASN, Linmas dan pelajar.