Balaikota – Semangat berkoperasi harus terus ditingkatkan agar koperasi tetap tumbuh dan berkembang dengan baik. Generasi milenialpun harus dikenalkan keberadaan koperasi agar tetap eksis kedepannya.

“ Koperasi harus beradaptasi agar mampu bersaing dan tidak tersisih. Secara bertahap beradaptasi dengan melengkapi diri dengan kemajuan teknologi yang lebih modern, agar koperasi kedepannya tetap tumbuh dan tidak stagnan. Generasi milenialpun harus dikenalkan koperasi sejak dini,” Ujar Walikota Salatiga Yuliyanto, SE., MM saat memberi arahan pada upacara peringatan hari koperasi ke-71 tingkat kota Salatiga pada Selasa (12/7) di halaman Pemkot Kota Salatiga. Menurutnya koperasi adalah gerakan ekonomi rakyat yang berasaskan kekeluargaan dan gotong-royong. Hal ini akan memberikan pemahaman ke masyarakat akan arti pentingnya koperasi sebagaai pengerak perekoniomian daerah kota Salatiga.

“ Saya kira tema penguatan koperasi  mendorong pertumbuhan ekonomi nasional sangatlah  tepat. Hal ini sangat strategis karena akan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang ada daerah untuk kesejahteraan masyarakat tentunya,” Tegasnya.

Lanjutnya, gerakan koperasi di kota Salatiga berjumlah ratusan unit,  diharapkan bisa  bersinergi  dengan pemerintah daerah untuk menciptakan dan pemerataan usaha kecil menengah dan pemberdayaan UMKM. Hal ini dilakukan agar kualitas dari manusia dan anggota koperasi sendiri mampu meningkat.

“ Bagi para pegiat dan insan gerakan koperasi, Saya harapkan agar bisa meningkatkan kualitas diri sebagai langkah penguatan dalam sebuah koperasi. Pada akhirnya koperasi dan UMKM akan menjadi wadah kreatifitas di masyarakat. Sehingga bisa menurunkan angka kemiskinan, angka pengangguran dan ketimpangan ekonomi,” Pungkasnya.

Dalam upacara kali ini juga diserahkan pemberian piagam dan tropi bagi pemenang lomba dalam rangka memperingati hari koperasi ke-71. Diantaranya yakni Lomba kampung koperasi dan penghargaan UKM kreatif inovatif kota Salatiga Tahun 2018.  Di lomba kampung koperasi,  Juara 1 yakni Koperasi Wanita Melati RW 1 Cabean, Kelurahan Mangunsari Kecamatan Sidomukti,  juara ke-2 Koperasi BKM Joko Tingkir Makmur Kelurahan Tingkir Tengah Kecamatan  Tingkir, kemudian juara ke-3 adalah koperasi KSP Amanah RW VII Ledok Kelurahan Ledok Argomulyo. Selain itu juga diserahkan penghargaan UKM Kreatif dan inovatif Kota Salatiga yakni UKM Sapu Upcycle Pemilik Sindhu Prasastyo, Randuacir Kecamatan Argomulyo.