BALAIKOTA – Gedung Sekretariat Daerah (Setda) Kota Salatiga yang telah dibangun dengan baik diharapkan akan menunjang kinerja dan pelayanan dari pemerintah kepada masyarakat. Harapan tersebut disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat meresmikan Gedung Setda Kota Salatiga, Rabu 17/05.

“Gedung Setda Kota Salatiga ini sudah bagus, maka pelayanannya pun harus lebih bagus lagi. Jangan sampai gedung bagus tapi pelayanan masih jadul. Wujudkan pelayanan yang cepat, mudah dan murah. Aparatur pemerintah harus selalu proaktif terhadap masyarakat, sensitif terhadap kebutuhan masyarakat,” pesan Ganjar Pranowo.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur juga berharap agar semangat kebhinnekaan yang ada di Kota Salatiga dapat ditularkan ke daerah lain. “Salatiga ini merupakan pusatnya kultur toleransi antar umat beragama di Jawa Tengah. Hal ini harus ditularkan ke daerah lain dan Jawa Tengah menjadi garda terdepan dalam menjaga semangat kebhinnekaan,” harap Gubernur.

Seusai meresmikan Gedung Setda, Gubernur berkenan meninjau gedung 4 lantai tersebut. Tempat yang dituju oleh Gubernur adalah Bagian Humas dan Protokol Setda. “Kenapa saya mampir di Bagian Humas dan Protokol? Ini adalah karena Bagian Humas merupakan mata, telinga dan mulut dari Pemerintah Daerah. Apa yang dilihat, didengar harus disampaikan dengan baik kepada masyarakat, sehingga komunikasi antara masyarakat dan pemerintah dapat terjalin dengan baik,” ungkap Ganjar.

Sementara itu, Pj Walikota Salatiga, Achmad Rofai dalam sambutannya menjelaskan bahwa gedung tersebut telah digunakan sejak awal tahun 2017. “Sebagai bagian dari masyarakat Jawa dan masyarakat yang beragama, kami telah mengadakan acara syukuran kecil-kecilan atau slup-slupan yang diiringi dengan kegiatan khataman Al Quran pada tanggal 30 Desember 2016 lalu,” lapor Pj Walikota.

Selain Gedung Setda, dalam kunjungan tersebut Gubernur juga meresmikan pembangunan fisik Tahun Anggaran 2016 antara lain: Gedung PADAR (Penanggulangan Dampak Asap Rokok), Gedung Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Salatiga serta Jembatan Suropati di Kelurahan Mangunsari, Kec. Sidomukti, Salatiga. (sg)