BALAIKOTA – Dalam era digital ini, peran serta masyarakat dalam menyebarkan informasi pemerintahan tetap tidak dapat dikesampingkan. Organisasi masyarakat seperti Forum Lembaga Komunikasi Masyarakat (FLKM) dan Lembaga Komunikasi Masyarakat (LKM) diharapkan selalu menjadi mitra pemerintah yang independen dan obyektif.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota Salatiga, Fakruroji saat memberikan sambutan dan membuka kegiatan Pertemuan FLKM dan LKM Tingkat Kota Salatiga di Pendopo Pakuwon, Pemkot Salatiga, Kamis 06/12.

“Dalam era digital yang hampir semua orang bisa mengakses teknologi informasi ini, kebenaran akan sebuah informasi menjadi hal yang sangat penting. Untuk itu keberadaan FLKM dan LKM sebagai mitra pemerintah yang independen dan obyektif sangat diharapkan untuk ikut menyaring informasi tersebut. Apakah info tersebut benar atau hanyalah hoax,” urai Sekda Kota Salatiga.

Fakruroji juga mengatakan bahwa sebagai organisasi yang independen, saran dan masukan dari FLKM dan LKM terkait dengan pembangunan kota sangat diharapkan demi mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih. “Saya berharap agar organisasi masyarakat seperti FLKM, LKM atau akan diganti dengan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dapat membantu pemerintah sekaligus mengkritisi pemerintah, untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang lebih baik lagi,” papar Fakruroji.

Dalam laporan penyelenggaraan yang dibacakan oleh Kasubbag Protokol pada Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Salatiga, Rohmawati Utami disebutkan bahwa kegiatan tersebut mengangkat tema “Partisipasi dan Potensi Lembaga Masyarakat dalam pengembangan City Branding”.

Kegiatan yang diikuti setidaknya 120 anggota FLKM dan LKM tersebut menghadirkan 2 orang narasumber antara lain: Kepala Dinas Kominfo Kota Salatiga, Muh Nasirudin dengan materi Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai Mitra Pemerintah dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat. Narasumber ke- 2 adalah Praktisi Komunikasi sekaligus Dosen IAIN Kota Salatiga, Rifqi Aulia Erlangga dengan materi City Branding.

Dalam diskusi yang dimoderatori langsung oleh Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Salatiga, Jumiarto, dijelaskan bahwa ke depan FLKM akan berubah menjadi KIM yang selanjutnya akan diampu oleh Diskominfo Kota Salatiga.(sg)