TAMANSARI – Empat pelajar kelas XI SMA Kristen 1 Salatiga yaitu Abhinando Indraputra Amaro, Aaron Berliano Handoko, Rafael Laksamana Gemilang, Niluh Ayu Ade Akila akan mengikuti pertukaran pelajar di SMA Gymnasium Ohlstedt di Hamburg Jerman.

Hal tersebut disampaikan Kepala SMA Kristen 1 Salatiga Kriswinarti saat beraudiensi dengan Walikota Salatiga, Yuliyanto di Rumah Dinas Walikota Salatiga, Rabu 23/05. “Program Edutrip 2018 ke Hamburg Jerman ini merupakan kerjasama sekolah kami dengan Yeti English Course Salatiga. Kesempatan ini merupakan kebanggaan bagi kami karena membawa nama baik Kota Salatiga dan juga Indonesia,” jelas Kriswinarti.

Ia menyebutkan bahwa ke-empat pelajar tersebut selain membawa misi pertukaran pelajar dan budaya ke Jerman, mereka akan berkesempatan untuk mengunjungi beberapa tempat di Jerman seperti industri pesawat terbang Airbus. “Presentasi, seminar dan juga penampilan berupa tarian sudah dipersiapkan sejak beberapa waktu yang lalu,” ungkap Kepala SMA Kristen 1 Salatiga.

Para pelajar tersebut direncanakan berangkat ke Jerman pada tanggal 1 Juni 2018 dan tinggal di Jerman selama 20 hari. “Keempat pelajar tersebut akan didampingi seorang guru pendamping dari SMA Kristen 1 dan juga Bu Yeti dari Yeti English Course. Di sana mereka akan tinggal di rumah dari siswa SMA Gymnasium Ohlstedt,” tambah Kriswinarti.

Walikota Salatiga, Yuliyanto memberikan apresiasi kepada semua pihak yang berperan dalam program pertukaran pelajar antar negara tersebut. “Meskipun sekarang ini SMA sudah menjadi kewenangan pemerintah provinsi, namun saya pribadi menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh pihak utamanya Bu Yeti yang telah melaksanakan dan juga menginisiasi program pertukaran pelajar ini,” ujar Walikota didampingi Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga Yuni Ambarwati.

Walikota berharap agar para pelajar tersebut selalu menjaga kesehatan selama di Jerman. “Saya doakan agar perjalanannya lancar, dari Salatiga ke Jerman sampai kembali ke Salatiga lagi. Siapa tahu nantinya ini akan menjadi pembuka pintu hingga nantinya kalian akan melanjutkan study ke luar negeri,” doa Yuliyanto.

Salah seorang pelajar, Aaron mengatakan bahwa dirinya senang bisa ikut pertukaran pelajar tersebut. “Ini akan manambah pengalaman saya. Apalagi di Jerman tinggal di sebuah keluarga, rasanya seperti punya keluarga baru. Ini akan menjadi pengalaman yang menarik,” kata pelajar kelas XI SMA Kristen 1 Salatiga ini. (sg)