SALATIGA – Ada yang istimewa dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018 Tingkat Kota Salatiga. Sebanyak 2.368 anak Taman Kanak-Kanak (TK) se-Kota Salatiga memperagakan senam ceria nusantara seusai upacara Hardiknas di Lapangan Pancasila Salatiga, Rabu 02/05.

Dengan penuh semangat dan keceriaan, anak-anak TK tersebut memperagakan senam ceria nusantara di hadapan Walikota Yuliyanto, Wakil Walikota Muh Haris, Anggota Forkopimda Kota Salatiga dan seluruh peserta upacara.

Upacara yang dipimpin oleh Walikota tersebut diikuti oleh berbagai unsur seperti ASN, TNI, Polri, guru dan juga pelajar dari tingkat SMA sampai SD di Kota Salatiga. Dalam sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang dibacakan oleh Walikota disebutkan bahwa peringatan merupakan momentum untuk muhasabah atau refleksi yang terhadap usaha-usaha yang diperjuangkan dalam bidang pendidikan.

“Hari ini kita perlu merenung sejenak untuk menengok ke belakang, melihat apa yang telah kita kerjakan di bidang pendidikan untuk kemudian bergegas melangkah ke depan guna menggapai cita-cita masa depan pendidikan nasional yang didambakan,” kata Walikota.

Walikota juga mengingatkan kembali akan pentingnya tripusat pendidikan yaitu sekolah, rumah dan masyarakat. Salah satu bentuk penguatan tripusat pendidikan adalah pelibatan keluarga dalam mendukung sukses pendidikan anak dan penguaatan karakter.

“Guru, orangtua dan masyarakat haruslah menjadi sumber kekuatan untuk memperbaiki kinerja dunia pendidikan dan kebudayaan dalam menumbuhkembangkan karakter dan literasi anak-anak Indonesia,” jelas Walikota.

Dalam upacara tersebut diserahkan pula penghargaan kepada pelajar dan guru berprestasi di tingkat nasional dan provinsi. Adapun penerima penghargaan di antaranya adalah; Guru SMP N 8 Salatiga Muslihatun Syarifah sebagai Juara I Nasional Inovasi Pembelajaran Mapel IPS, Siswa SD Muhammadiyah Plus Salatiga Wildan Mauzakawall Saptian sebagai Juara I Posdain Tingkat Nasional. Selain itu ada pula 29 siswa berprestasi nasional atau provinsi lainnya yang mendapatkan penghargaan dalam upacara ini.

Peringatan Hardikas ini ditutup dengan penampilan senam ceria nusantara oleh anak-anak TK se-Kota Salatiga. (sg)