BALAIKOTA – Bersama dengan 5 daerah lainnya, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Salatiga mendapatkan penghargaan DMI Award untuk kategori tim teknisi akustik terbaik se-Indonesia. Hal tersebut disampaikan Ketua DMI Kota Salatiga, Muthoin saat beraudiensi dengan Walikota Salatiga, Yuliyanto di Ruang Kerja Walikota, Senin 20/11.

Dalam audiensi tersebut Walikota memberikan apresiasi kepada DMI Kota Salatiga. “Saya memberikan apresiasi atas pencapaian ini. Semoga penghargaan ini menjadikan inspirasi dan semangat untuk semakin memakmurkan masjid di Kota Salatiga,” kata Walikota.

Sementara itu, Muthoin menjelaskan bahwa penghargaan tersebut diberikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla selaku Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia dalam pembukaan Muktamar VII DMI pada Sabtu (11/11) lalu di Gedung Serba Guna (GSG) II, Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Ia menguraikan bahwa salah satu program unggulan memakmurkan masjid adalah penataan dan pembenahan kualitas akustik/soundsystem masjid. “Kalau kualitas akustik masjid baik, maka akan menambah kesyahduan dan kekhusyukan beribadah,” ujar Ketua DMI Kota Salatiga yang juga Kepala Dinas Perdagangan Kota Salatiga ini.

Di Kota Salatiga sendiri tim akustik masjid DMI terdiri dari 3 orang teknisi yang merupakan sukarelawan. “Jika dibutuhkan, tim ini akan meluncur ke masjid-masjid yang memerlukan perbaikan soundsystem dengan menggunakan mobil operasional pemeliharaan masjid DMI, tanpa biaya tentunya,” ungkap Muthoin.

Tidak hanya pemeliharaan soundsystem masjid, kegiatan DMI meliputi bersih-bersih masjid, sertifikasi arah kiblat masjid, pengurusan wakaf dan badan hukum masjid, perpusatakaan masjid, koperasi masjid dan lain-lain yang bersifat memakmurkan masjid.

Selain Kota Salatiga, DMI Award untuk tim teknisi akustik terbaik antara lain DMI Kabupaten Bulukumba, Kota Lubuk Linggau, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Kolaka Timur dan Kabupaten Malang. (sg)