SALATIGA – Sebagai salah satu upaya mengampanyekan kebersihan lingkungan dan juga mempertahankan piala adipura, Pemkot Salatiga melalui Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan resik-resik kutho di Lapangan Pancasila dan sekitarnya, Jumat 17/11.

Kegiatan yang diikuti setidaknya 300 PNS di Lingkungan Pemkot Salatiga tersebut difokuskan di Lapangan Pancasila, Jl Tentara Pelajar, Jl Sukowati dan Jl LMU Aduisucipto.

Kepala Bidang Kebersihan DLH Kota Salatiga, Pramusinta mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap hari Jumat. “Kegiatan resik-resik kutho ini dilaksanakan setiap hari Jumat dengan lokasi yang berpindah-pindah. Ini adalah kegiatan yang berkelanjutan,” jelas Pramusinta.

Ia menambahkan bahwa kegiatan tersebut juga dalam rangka dimulainya penilaian Adipura pada Senin 20/11 mendatang. “Pada Senin (20/11) besok, penilaian adipura untuk kab/kota di Jawa Tengah sudah dimulai dan Salatiga sudah siap untuk hal tersebut. Karena kebersihan tidak hanya untuk kegiatan adipura, tapi sudah menjadi kebutuhan dan agenda rutin kami,” jelas Pramusinta.

Ia menguraikan bahwa setiap hari ada tim sweeping dari DLH yang berkeliling kota Salatiga. “Di samping tenaga kebersihan yang rutin, kami juga mempunyai tim sweeping kebersihan. Tim yang terdiri dari 3 mobil kebersihan tersebut dimaksudkan untuk menjangkau lokasi-lokasi yang membutuhkan pembersihan ekstra,” pungkas Pramusinta. (sg)