Ratusan siswa SD dari Gugus Gajah Mada Kecamatan Sidomukti mengikuti sosialisasi tertib berlalu lintas. Kegiatan yang diprakarsai Satuan Pendidikan Kecamatan Sidomukti tersebut menghadirkan Tim dari Ditlantas Polda Jateng dibantu Satlantas Polres Salatiga. Kegiatan terlaksana di SD N Dukuh 02 Salatiga, Kamis 12/1.

 

Aipda Agung Sugiarta dari Ditlantas Polda Jateng yang memberikan materi tampak gembira karena siswa sangat antusias. Materi yang disampaikan kepada siswa antara lain fungsi helm dan pentingnya tertib berlalu lintas termasuk tata cara menyeberang jalan.

 

Kepala Satuan Pendidikan (Satdik) Kecamatan Sidomukti Ninuk SR menjelaskan bahwa kegiatan dimaksud memberikan pemahaman kepada siswa pentingnya tertib berlalu lintas. “Anak-anakku semua, pagi ini kita akan mendapatkan pengetahuan berlalu lintas yang benar dari bapak polisi. Selain itu juga akan dijelaskan pentingnya gizi bagi tumbuh kembang anak dari PT Viva Merindo. Selamat mengikuti, dan bersemangat selalu,” sambutnya saat membuka acara.

 

Sementara itu Aipda Agung Sugiarto menjelaskan pentingnya memakai helm dalam mengendarai motor, agar bisa melindungi pengendara.”Manfaat helm antara lain; melindungi pengendara dari benturan dan terhindar dari kecelakaan supaya tidak cidera parah, melindungi dari panas, melindungi dari hujan lebat, serta melindungi wajah dari debu,” jelas Aipda Agung Sugiarto yang diikuti para siswa.

 

Untuk mencuri perhatian siswa, dalam kesempatan tersebut mempraktikkan manfaat helm. Dengan meminta salah seorang staf Aipda Agung Sugiarto mengguyur pemakai helm, juga memperagakan benturan dengan memukulkan batu. Peraga juga mempraktikkan pemakaian helm yang benar. “Jadi adik-adik semua jika ayah, ibu dan kakak saat mengendarai sepeda motor tidak memakai helm sekarang harus mengingatkan mereka karena sudah tahu manfaatnya,” pintanya. (fhm)