Salatiga – Display Inovasi dari setiap OPD kota Salatiga diharapkan bisa menjadi bagian dari reformasi birokrasi. Hal ini penting agar semua pelayanan ke masyarakat cepat dan mudah.

Peserta Dispay inovasi kota Salatiga diikuti oleh 120 inovasi OPD di lingkungan kota Salatiga beserta masyarakat terkait. Kegiatan ini merupakan tahapan kelima yakni tahap display yang digelar di lapangan Pancasila Kota Salatiga, Jumat (23/11).

Drs Mohammad Arief Irwanto MSi selaku kepala BKD Provinsi Jawa Tengah yang mewakili Gubernur Jateng menyatakan bahwa dirinya sangat bangga dengan adanya dislay inovasi yang digelar di Kota Salatiga dan dipamerkan ke masyarakat. Inovasi ini sangat penting karena akan mendorong dan memberikan pelayanan ke masyarakat untuk lebih baik.

“ Saya dorong ASN terus bergerak ke arah yang lebih baik. Saatnya  ASN bukan melaksanakan kerja rutinitas saja melainkan terus berusaha mereformasi dengan karya dan pembaharuan yang membangun, sehingga pelayanan ke masyarakat akan lebih baik lagi, “ Tutur Arief.

Dirinya juga mengakui bahwa inovasi dari kota Salatiga tidak kalah hebatnya, bahkan hal ini telah mendapatkan penghargaan Inagara Award dari LAN RI. Di dalamnya juga mampu menghasillkan pembaharuan dan tata kelola pemerintahan yang lebih baik, bersih dan pelayanan publik yang prima.

“ Saya merasakan adanya perubahan birokrasi  yang mengarah ke lebih profesional dan melayani masyarakat,” Bebernya.

Lanjutnya, ketika inovasi ini telah berjalan dan bergerak bersama, masyarakat nantinya akan mengetahui bahwa pemerintah sudah bergerak untuk lebih baik. Menurutnya, bahwa reformasi birokrasi bukan sekedar slogan tanpa arti namun sudah penuh aksi yang akan membawa birokrasi berjaditi diri.

“ Jangan cepat berpuas diri untuk terus bergerak ke arah yang lebih baik bagi seluruh OPD yang ada.  Apa  yang menjadi kebutuhan masyarakat akan selalu kita dukung,” Katanya.

Selain itu, Drs Riyadi MSi, selaku Kepala pusat inovasi tata pemerintahan LAN RI mengatakan bahwa inovasi dari  kota Salatiga cukup banyak dan sangat membantu menciptakan pelayanan yang lebih baik lagi ke masyarakat.

“ Kota Salatiga saya kira cukup heboh dalam mengelar dispay inovasi dari OPD  dan masyarkat ini. Ada sekitar 100an lebih inovasi yang telah dikembangkan.  Tentu ini apresiasi dan kebanggaan kami di LAN, “ Ungkapnya.

Sangat diakui bahwa dirinya bersama LAN hanya mangawal dan mendampingi saja, namun teman-teman  di salatiga ini yang cukup aktif dalam menggali gagasan. Dan menurut saya inovasinya juga bagus dan hebat-hebat.

“ Kami sedikit keteteran, karena teman-teman di Salatiga sangat pro aktif dalam mengembangkan ide dan gagasannya dari sekian tahapannya yang dijalankan,”  Jelas Riyadi.

Dirinya menambahkan bahwa kota yang sudah menyelenggarakan tahapan display di Jawa Tengah adalah Kota Salatiga, Surakarta dan Sragen. Menurutnya sampai  bulan Oktober 2018 saja,  data inovasi dari seluruh Indonesia adalah sekitar 6.853 ribu inovasi dan kalau ditambah dari inovasi kota Salatiga sendiri berarti sudah  mencapai 7.000 ribu  inovasi yang semua digagas dari daerah.

Hal senada juga diutarakan oleh Yuliyanto SE MM, dirinya juga sangat mengapresiasi  OPD yang terus bergerak untuk memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat. Hal ini juga sudah mendapatkan apresiasi dari LAN RI karena kota ini beberapa waktu lalu juga mendapatkan penghargaan Inagara Award.

“ Ini upaya dari OPD di seluruh kota Salatiga yang berkaitan dengan pelayanan kemasyarakat. Saya harap pelayanan bisa cepat dan mudah. Selain itu, Saya juga mengucapkan terimakasih kepada bapak Gubernur Jawa Tengah atas arahan dan bimbingannya  untuk mendukung dalam melakukan inovasi,” Jelasnya.