SALATIGA – Sebagai salah satu upaya meningkatkan keselamatan dan kesadaran berlalu lintas, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Salatiga menggelar Sosialisasi Kebijakan di Bidang Perhubungan dan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Kegiatan yang diikuti setidaknya 200 siswa SLTA kelas X dan XI tersebut dibuka oleh Pj Walikota Salatiga, Achmad Rofai, di Gedung Pertemuan Daerah (GPD) Kota Salatiga, Senin 10/04.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Salatiga, Adi Wibowo dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut dilanjutkan dengan pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ. “Dari 200 peserta sosialisasi, dipilih 30 siswa untuk mengikuti Pemilihan Pelajar Pelopor yang diselenggarakan mulai Selasa (11/04) sampai dengan Kamis (13/04),” jelas Adi Wibowo.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa peringkat 1 dalam Pemilihan Pelajar Pelopor akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 500.000, peringkat 2 Rp 400.000 dan peringkat 3 sebesar Rp. 300.000.

“Peringkat 1 dan 2 selanjutnya akan diikutsertakan dalam kegiatan yang sama di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Pemateri dalam kegiatan ini terdiri dari unsur antara lain PNS di Lingkungan Pemkot Salatiga, Kepolisian Resort Salatiga, PT Asuransi Jasa Raharja dan PT Astra International dengan metode pengajaran berupa kuliah, observasi kelompok dan diskusi kelompok,” ungkap Adi Wibowo.

Sementara itu, Pj Walikota Salatiga dalam sambutannya memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap keselamatan lalu lintas di kalangan pelajar ini. “Sampai sekarang saya masih sering menjumpai para pelajar mengendarai sepeda motor atau mobil sambil menggunakan handphone. Hal ini tentu saja sangat membahayakan tidak hanya bagi pengandara, tapi juga bagi orang lain di sekitarnya,” ujar Pj Walikota.

Achmad Rofai berpesan kepada para peserta untuk ikut mengampanyekan keselamatan berlalu lintas di kalangan pelajar. “Tularkan ilmu yang didapat dari kegiatan ini dan jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas,” pungkas Achmad Rofai.  (sg)