Salatiga(24/7),  Dalam rangka memperingati hari jadi Salatiga ke – 1269, Pemerintah Kota Salatiga melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah ( Dinpersipda) Kota Salatiga menggelar pameran arsip daerah selama 7 hari teritung sejak tanggal 24 – 30 Juli 2019, di halaman kantor Dinpersip Salatiga.

Selain sebagai bagian dari rangkaian acara peringatan hari jadi Salatiga,  pameran ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya pengelolaan arsip serta expos kegiatan kearsipan dari dinas arsip dan perpus Salatiga. “ Maksud pamaeran ini adalah untuk mensosialisasikan kearsipan kepada masyarakat luas dan mengenalkan kegiatan kearsipan yang dilaksanakan oleh dinas.” Terang Suryanto. Pameran ini hanya menampilkan 150 foto yang berkaitan dengan pendidikan, sesuai dengan tema pameran yaitu “Potret Pendidikan Di Salatiga, Dalam Bingkai Sejarah dan Kearsipan”,  yang dibingkai dalam berbagai media.  Secara keseluruhan dinpersip memiliki kurang lebih 6000 arsip foto tambah Suryanto, Kabid Pembinaan dan Pengembangan, sekaligus ketua panitia pameran.

Selain memamerkan arsip foto, dinpersip juga memberikan penghargaan kepada pemenang lomba dongeng dan menulis tingkat SD dan SMP, selain itu juga diluncurkan lagu “Salatiga Kota Toleran” karya Pemerhati sejarah Salatiga Edi Supangkat.

Pada kesempatan yang sama membuka acara pameran Walikota Salatiga, Yuliyanto, SE, MM menyatakan apresiasinya atas dilaksanakannya pameran tersebut. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan semacam ini, ditengah kemajuan teknologi informasi, serta mudahnya penyebaran hoax, arsip menjadi salah satu penangkal, sebab dapat memberikan gambaran jelas, akurat, dan otentik di masa lalu.” Ujar Walikota.

mengingat predikat Kota Salatiga sebagai Kota Pendidikan, juga visi dan misi RPJMD 2017-2022 untuk meningkatkan kualitas pendidikan, ditambah dengan dinobatkannya Kota Salatiga sebagai salah satu Kota Cerdas se-Indonesia beserta raihan prestasi dari putra putri Salatiga. Maka saya rasa sudah sangat tepat jika Pameran Kearsipan tahun ini mengambil tema, “Potret Pendidikan di Salatiga dalam Bingkai Sejarah dan Kearsipan”. saya berharap supaya Pameran Kearsipan kali ini dapat benar-benar menjelaskan dan menggambarkan potret pendidikan yang ada di Salatiga secara akurat dan otentik. Sehingga para pengunjung yang datang dapat merasakan serta memahami perkembangan dunia pendidikan di Salatiga dari masa ke masa, Tambah Walikota

Usai membuka acara walikota menyempatkan diri untuk melihat secara langsung arsip foto yang dipamerkan, diantaranya adalah foto rapot miliknya pada saat masih sekolah dulu.