Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dinaspersip) Kota Salatiga mengadakan kegiatan “Pameran Buku dan Terbitan Daerah Kota Salatiga”. Kegiatan yang bertema “Membaca Salatiga II” ini bertujuan untuk mengenalkan hasil karya penerbit dan penulis Salatiga serta tulisan atau karya tentang Kota Salatiga baik itu berbentuk buku ataupun non-buku. Acara yang sudah berlangsung kedua kalinya ini dihelat di halaman Perpustakaan Daerah Kota Salatiga, Jl. Adisucipto No.7, berlangsung selama seminggu mulai tanggal 18 Mei sampai dengan  24 Mei 2017, mulai pukul 08.00-19.00WIB.

Pendukung kegiatan ini yang berjumlah 22 pihak yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah baik di lingkungan Pemkot Salatiga ataupun dari Instansi Vertikal, Penerbit Swasta, Organisasi, LSM, Komunitas dan perorangan. Para pihak yang menyediakan materi untuk dipamerkan antara lain dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga, Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah, Bagian Hukum Sekretariat Daerah, Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Badan Pusat Statistik, Balai Besar Penelitaian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penyakit, Penerbit Widya Sari Press, Penerbit Griya Media, Penerbit Tisara Grafika, Penerbit Satya Wacana University Press, LSM Percik, Perpustakaan UKSW, Perpustakaan IAIN/IAIN Salatiga Press, Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah, Komunitas Lingkar Pena, Majalah Lokal Kampus Scientiarum (UKSW) dan Dinamika (IAIN), penulis Agus Setiadji, Suryo Sakti Hadiwijoyo,  Betty Wahyu Nilla Sari, Tri Widiarto, Sabar Subardi.

Kepala Dinas Agus Parmadi PT., SE., Msi secara resmi membuka pameran kali ini di hadapan tamu undangan yang terdiri dari kepala OPD terkait, Kepala Satuan Pendidikan Kecamatan se-Kota Salatiga, Kepala-Kepala Sekolah dan para penulis buku yang sedang dipamerkan. Pada sambutanya kepala Dinas Persip berharap agar hasil publikasi dan terbitan daerah Salatiga dikenal luas oleh masyarakat baik Salatiga atau di luar Salatiga. Jadi lewat ajang pameran ini diharapkan pula muncul komunikasi dengan berbagai penulis untuk mengembangkan iklim kepenulisan dan literasi di Kota Salatiga. Hal ini sejalan dengan pencanangan Salatiga sebagai Kota Literasi.

Materi pameran kali ini sebagian besar berupa terbitan tercetak baik berupa buku, majalah jurnal, brosur, yang diterbitkan di Salatiga dan tentang Salatiga. Selain itu terdapat pula terbitan non buku yang berupa film-film dokumenter tentang Salatiga. Materi ini disiapkan oleh pihak-pihak yang terlibat dan bekerjasama pada pameran kali ini.

Para pengunjung berharap pameran buku dan terbitan daerah ini dapat diselenggarakan secara rutin dan lebih dikembangkan. Kegiatan ini diharapkan dapat memberi ruang kepada penerbit, institusi, organisasi, komunitas, dan pribadi penulis di Salatiga untuk mengembangkan dunia kepenulisan serta dapat memberi sumbangan positif kepada dokumentasi kebudayaan daerah dan kearifan lokal Salatiga, sehingga anak cucu kita nanti dapat “membaca Salatiga” lewat dokumentasi dalam bentuk buku dan non-buku yang sudah dihasilkan.
sumber: dinaspersip/shk