Dharma Wanita Kota Salatiga Rayakan HUT ke-20

Sebagai salah satu organisasi perempuan terbesar di Kota Salatiga dan mitra strategis pemerintah, Dharma Wanita Persatuan (DWP) diharapkan dapat semakin berperan aktif dan berkontribusi dalam pembangunan Kota Salatiga, serta mendukung pembangunan nasional, sesuai dengan tema peringatan HUT ke-20 DWP pada Tahun 2019 ini, yakni Optimalisasi Kinerja DWP sebagai Mitra Strategis Pemerintah untuk Suksesnya Pembangunan Nasional.
 
Hal tersebut disampaikan oleh Sekda Kota Salatiga, Drs. Fakruroji, saat menyampaikan sambutan tertulis Walikota Salatiga selaku pembina DWP, dalam Resepsi Peringatan HUT DWP Kota Salatiga ke-20 di Aula BKDiklatda, Rabu 4/12/2019.
 
Menurutnya, perayaan HUT ke-20 ini memiliki makna bahwa DWP telah cukup lama berkiprah dan berkarya menjadi mitra Pemerintah untuk turut serta membangun keluarga dan bangsa.
 
“Saya mengucapkan terima kasih kepada Ibu-Ibu Aparatur Sipil Negara (ASN), atas dedikasi dan kontribusi nyata dalam mendukung program pemerintah, guna menyejahterakan masyarakat melalui berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan dengan tujuan dan target yang terukur,” ucapnya.
 
Momentum peringatan HUT DWP ini juga dimanfaatkan untuk introspeksi dan evaluasi diri, sejauh mana langkah yang sudah ditempuh dalam mewujudkan visi dan misi organisasi. Sebab usia 20 tahun merupakan usia yang cukup dewasa bagi DWP sebagai mitra Pemerintah untuk menjadi organisasi yang profesional.
 
“Saya berharap, DWP Kota Salatiga senantiasa dapat melakukan sinergi, sinkronisasi serta kerjasama perencanaan, pelaksana, antara program kerja DWP dengan program kerja OPD di Lingkungan Pemkot Salatiga. Mari kita bekerjasama, beriringan dan bergotong royong dalam mewujudkan pembangunan nasional di berbagai aspek,” lanjut Fakruroji.
 
Dalam peringatan ke-20 tahun ini, DWP Kota Salatiga bersama Dinas  Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A), melakukan kegiatan lomba senam (22/10), donor darah (16/11), bakti sosial pembagian nasi bungkus kepada pemulung di TPA Ngronggo (16/11), dan diakhiri dengan resepsi sekaligus pelatihan kepribadian dan kepemimpinan wanita di Aula BKDiklatda, dengan Hj. Ida Nurul Farida Haris sebagai pembicara (4/12). Resepsi Peringatan HUT DWP ditandai dengan potong tumpeng serta hiburan tari dari siswa TK Pertiwi dan koor Ibu-Ibu DWP, dilanjutkan dengan pembacaan pidato tertulis Ketua DPP DWP oleh Ummi Sa’adah Fakruroji. 
 
Ummi menyebutkan, sebagai organisasi kemasyarakatan yang menghimpun dan membina istri ASN, DWP patut berbangga karena telah tumbuh menjadi organisasi perempuan yang besar, sekaligus diberi petunjuk dan kemudahan dalam menjalankan program kerja secara terstruktur.
 
“Sebagai mitra strategis Pemerintah, kedepan masih banyak tugas yang harus dikerjakan untuk turut mensukseskan program-program Pemerintah dengan Kerja Bersama Menuju Indonesia Maju,” ucap Ummi.
 
Era Revolusi Industri 4.0 ini dinilai memiliki prospek menjanjikan bagi potensi perempuan, sebagai bagian dari peradaban dunia. Oleh karena itu, potensi perempuan sebagai aset nasional, harus mengambil peran strategis dalam konstelasi pembangunan nasional.  
 
“Kita dituntut untuk terus meningkatkan kualitas SDM secara berkelanjutan, dengan senantiasa memperhatikan peluang dan tantangan globalisasi,” tambah Ummi. (el/bm)