BALAIKOTA – Sebanyak 82 pelajar terpilih dari seluruh SMA/SMK/MA se-Kota Salatiga mengikuti pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Salatiga Tahun 2018. Pelatihan tersebut dibuka secara resmi oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto di Gedung Setda Kota Salatiga, Selasa 31/07.

Walikota berpesan kepada anggota Paskibraka agar mampu menunjukkan kualitas sebagai insan terpilih, beretika, berbudi luhur dan memiliki wawasan kebangsaan yang tinggi. “Menjadi anggota Paskibraka adalah sebuah kebanggaan. Jadilah karakter yang berjiwa merah putih yang siap mengabdi dan berbakti kepada bangsa dan negara Indonesia,” pesan Yuliyanto.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota juga memberikan motivasi kepada seluruh peserta serta bercerita bahwa pada saat bersekolah ia juga pernah menjadi anggota Paskibraka. “Saya dulu saat masih sekolah seperti kalian juga merupakan anggota paskibraka. Kembangkan diri kalian dengan kepemimpinan, kepribadian yang baik dan semangat kerja keras,” beber Walikota.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Bidang Kepemudaan dan Kepramukaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Salatiga, Petrus Mas Sentot. Dalam laporannya ia menyebutkan bahwa tujuan dari pelatihan Paskibraka adalah untuk meningkatkan keterampilan, keteladanan dan kedisiplinan dari anggota tim Paskibraka Kota Salatiga 2018.

Seleksi calon anggota Paskibraka telah dilaksanakan tanggal 9/04 sampai dengan 11/4 di Balai Prajurit Makutarama Salatiga. Seleksi tersebut diikuti oleh 499 pelajar yang merupakan perwakilan dari 20 SMA/SMK/MA se-Salatiga.

“Dari jumlah tersebut dipilih 82 pelajar. Putri sebanyak 28 orang dan putra sebanyak 54 orang. Dan 1 orang pelajar lolos sebagai anggota Paskibraka Provinsi Jawa Tengah atas nama Norma Gani Nasoka dari SMA N 3 Salatiga,” ungkap Petrus Mas Sentot.

Adapun rangkaian kegiatan latihan dilaksanakan dari tanggal 31/07 sampai dengan 17/08 diawali dengan upacara tantingan dan pembukaan latihan. “Sedangkan unsur pelaksana antara lain Kodim 0714/Salatiga, Pemkot Salatiga, Dispora Kota Salatiga, PMI Kota Salatiga dan Purna Paskibraka Kota Salatiga,” pungkas Kabid Kepemudaan dan Kepramukaan ini. (sg)