BPS Salatiga Canangkan Zona Integritas Bebas Korupsi

Salatiga – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Salatiga mencanangkan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Penandatangan ini dilakukan di Ruang Kalitaman Gedung Sekda Kota Salatiga dan disiarkan secara daring, Kamis (18/06/2020).

Kepala BPS Kota Salatiga, Satriono mengatakan bahwa pencanangan ini merupakan sebuah kerjasama yang baik dengan adanya komitmen bersama yang baik antar lembaga untuk mewujudkan zona integritas menuju WBK dan WBBM.

“ Pembangunan zona integritas  dan zona yang bebas dari korupsi nantinya akan berdampak pada tingkat kedisplinan masyarakat,”ungkap Satriono.

Wakil Wali Kota Salatiga, Muh Haris SS MSi dalam sambutannya menyatakan bahwa dengan adanya pencanangan zona intergritas ini akan memberikan semangat dan menguatkan komitmen dari seluruh jajaran BPS kota Salatiga dalam melayani masyarakat dan melaksanakan demokrasi yang bersih tanpa ada diskriminalisasi dan sesuai regulasi yang berlaku.

“Tercapainya zona integritas pada setiap lembaga pemerintah akan mendorong pelaksanaan bebas korupsi di segala  unsur dan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai,”jelasnya.

Muh Haris menambahkan bahwa pencanangan tersebut menjadi sebuah langkah yang strategis kedepan dan program yang direncanakan dapat terlaksana dengan baik.

“ Tentunya hal ini akan menjadi spirit bagi kami guna menciptakan lingkungan  yang berintegritas,”pungkasnya.

Sebagai informasi  bahwa Kota Salatiga sendiri berhasil melakukan pendataan penduduk secara online  dan mandiri  dengan  presentase mencapai 53%. Dari hasil tersebut 50 % data sudah lengkap, dan sisanya 3 % akan dilakukan verifikasi kembali. Sedangkan di tingkat Provinsi Jawa Tengah, Salatiga bahkan menduduki peringkat  keempat, setelah Kabupaten Karanganyar,Kota Tegal, Kota Magelang.