Salatiga(17/6), Bertempat di aula Kaloka BKDiklatda Kota Salatiga, Walikota Salatiga Yuliyant, SE, MM membuka secara resmi Diklat Teknis Manajemen Kepegawaian. Diklat ini selenggarakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan, kemampuan keahlian maupun ketrampilan dalam pelaksanaan tugas kepegawaian, dan dilaksanakan selama 5 (lima) hari kerja yaitu dari tanggal 17 s/d 21 juni 2019, dengan mendatangkan pengajar dari BKN regional I Yogyakarta, Inspektur Kota Salatiga, serta kepala BKDiklat Salatiga.  Berdasarkan laporan yang dibacakan oleh kepala BKDiklatda Salatiga Drs. Mutoin, M.Si peserta merupakan pejabat pengawas (eselon IV ), pejabat pelaksana (staff) potensial pengelola kepegawaian OPD dan Pejabat Fungsional Analis Kepegawaian di lingkungan Pemkot. Pembukaan ditandai dengan pengalungan tanda peserta secara simbolis oleh Walikota.

Dalam sambutannya Walikota menyatakan apresiasinya dan menyambut baik diadakannya diklat tersebut.”Saya secara pribadi menyambut baik  dan memberikan apresiasi dengan diadakannya acara diklat ini, sebab hal ini dapat meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, kemampuan maupun keahlian aparatur dalam melaksanakan tugas kepegawaian untuk mendukung keberhasilan tugas perangkat daerah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya” ujar Walikota. Pemerintah daerah saat ini sudah mulai memberikan pengetahuan kepada ASN tentang ilmu manajemen, dahulu hal semacam ini sangat jarang dilakukan, tapi jauh lebih dahulu dilakukan oleh perusahaan swasta, tentang kepegawaian atau SDM, tapi sekarang PNS khususnya disalatiga sudah diarahkan dengan manajemen SDM, karena bisa kita lihat bahwa perusahaan swasta didalam memberikan pelayanan kepada konsumen sudah sangat baik, sebab kepuasan pelanggannya menentukan maju mundurnya perusahaannya. Ini tidak berbeda dengan pemerintah, jika pelayan lebih baik tentu respon masyarakat juga lebih baik, tambah Walikota.

Menutup sambutannya Walikota berpesan agar seluruh peserta dapat mengikuti dengan baik dan mengimplementasikan seluruh informasi dan ilmu yang didapat selama diklat di OPD masing-masing agar pelayanan kepada masyarakat dapat lebih ditingkatkan lagi melalui manajemen sumber daya manusia atau manajemen kepegawaian.