SALATIGA – Untuk meningkatkan kapasitas Petugas Registrasi Kecamatan, Kelurahan dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan secara optimal, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKDiklatda) Kota Salatiga menggelar Diklat Teknis Petugas Register Pelayanan Administrasi Kependudukan di Aula Kaloka, BKDiklatda Kota Salatiga.

Hal ini disampaikan oleh Kepala BKDiklatda Kota Salatiga, Gati Setiti saat membacakan laporan penyelenggaraan kegiatan tersebut pada Senin, 15/05. “Waktu penyelenggaraan dimulai tanggal 15 sampai dengan 24 Mei 2017 atau selama 7 hari kerja, meliputi in class selama 5 hari dan observasi lapangan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta selama 2 hari,” jelas Gati Setiti.

Kegiatan yang secara resmi dibuka oleh Pj Walikota Salatiga, Achmad Rofai ini diikuti 46 peserta yang terdiri dari petugas register pada kecamatan, kelurahan dan Disdukcapil Kota Salatiga. “Materi diklat sebanyak 47 jam pelajaran dengan pengampu materi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah dan Kepala Dinas dan pejabat struktural di Disdukcapil Kota Salatiga,” ungkap Gati Setiti.

Dalam sambutannya Pj Walikota mengingatkan akan pentingnya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk petugas register administrasi kependudukan. “Sekarang ini masyarakat kian kritis. Masyarakat mengharapkan pelayanan yang cepat. Untuk itu pemerintah berkewajiban menyiapkan SDM yang terlatih dan mumpuni khususnya dalam adminstrasi kependudukan. Harus ada inovasi dalam bekerja, jangan monoton itu-itu saja,” harap Pj Walikota. (sg)