Berbagai lomba keagamaan ramaikan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW tingkat Kota Salatiga. Kegiatan yang diprakarsai oleh Pengkajian dan Peringatan Hari Besar Islam (PPHBI) dilaksanakan di Kampus Kartikasari (komplek Satuan Pendidikan Kecamatan Tingkir Jl. Muwardi Salatiga) Kamis, 12/1.

Kepala Dinas Pendidikan Niken Lidiastuti yang berkenan membuka lomba, memberikan apresiasi kegitan tersebut bisa terlaksana dengan baik. Niken tidak lupa memberikan semangat kepada siswa untuk terus bersemangat dalam berlomba dan juga meningkatkan pengetahuan bidang keagamaan.

Eko Edi Irianto ketua panitia menjelaskan jika kegiatan tersebut adalah bakti para guru muslim dalam mengembangkan bakat dan minat siswa di bidang keagamaan. “Meskipun menghabiskan biaya puluhan juta bisa diatasi dengan swadaya guru muslim se-Salatiga. Kami para guru patungan untuk mendukung acara ini, baik dari pembiayaan hingga tropi dan uaang pembinaan,” terangnya.

Cabang yang dilombakan dalam kegiaatan tersebut untuk kategori TK/RA adalah : khitobah,hafalan surat pendek, adzan, dan puitisasi Islam. Sedangkan kategori SD/MI adalah; sholat, adzan, khot, tartil, MTQ, hafalan surat pendek, khitobah, Cerdas Cermat Quran, rebana, mocopat Islami, puitisasi Al-Quran, cerita Islami dan Teknologi Informasi dan Komunikasi Islam.

Selain lomba, PPHBI juga telah menggelas sunatan masal yang dilaksanakan di Tingkir 18 Desember lalu yang diikuti 91 anak, dan juga beasiswa bagi siswa kurang mampu. Selanjutnya sebagai puncak resepsi akan digelar pengajian akbar di GPD Salatiga dengan mengahadirkan mubaligh KH Abdul Kodir (Kyai Gali). Dalam kesempatan tersebut juga akan disampaikan tropi dan hadiah pemenang lomba pekan Maulid Nabi. (fhm)