Balaikota – Aparatur Sipil Negara harus terus hadir dalam melayani masyarakat sebagai bagian dari bela negara. Tidak hanya melalui kekuatan fisik semata, namun harus dilakukan di berbagai sektor dan profesi yang ada.

“ Peringatan hari bela negara menjadi penegasan dalam konteks yang sangat luas. Bela negara tidak hanya dilakukan dengan kekuatan fisik saja, namun terus dilakukan oleh aparatur negara, baik sipil dan militer untuk sungguh-sungguh hadir melayani rakyat, “ Kata Muh Haris SS MSi saat membacakan sambutan Menteri koordinator bidang politik, hukum dan keamanan Republik Indonesia, Wiranto dalam rangka memperingati hari bela negara di halaman pemkot kota Salatiga, Rabu (19/12). Menurutnya bahwa bela negara ini telah sesuai dengan Inpres Nomor 7 Tahun 2018, tentang rencana aksi nasional bela negara 2018-2019.  Di dalamnya merupakan perwujudan amanat bela negara dan pertahanan negara. Hal ini memberikan arti bahwa bela negara  tidak hanya  kerjasama segenap elemen bangsa dan negara. Bukan hanya pemerintah apalagi sekedar nomenklatur program instansi tertentu saja hadir dengan diiringi perkembangan ilmu pengetahuan.

“ Kita sudah memulai langkah untuk merampungkan RoadMap Industri 4.0. Saya ingatkan bahwa RoadMap ini bukan untuk gagah-gagahan,  namun juga sebagai manifestasi bela negara. RoadMap ini mengakselerasi kesiapan rakyat dalam menghadapi era robotik. Era dimana ratusan ribu jenis pekerjaan manual akan digantikan oleh teknologi disruptif,” Bebernya.

Bangsa kita dalam konteks sosial juga harus menghadirkan kemampuan para generasi milenial untuk mengantisipasi kecepatan perubahan dunia dengan selalu meletakkan pondasi budaya, kearifan lokal, dan nilai luhur bangsa. Tidak itu saja, dalam konteks alamiah, penghargaan bangsa terhadap kelestarian lingkungan adalah wujud bela negara yang sangat penting.

“ Jadi kita tidak boleh bergantung dengan kecerdasan buatan, namun semangat bela negara dan bangsa harus  terus dilakukan diberbagai bidang dengan inovatif serta adaptif,” Tuturnya.

Dirinya menambahkan bahwa tugas bela negara bukanlah tugas ringan. Namun diharapkan dengan adanya sinergi yang baik antar segenap elemen bangsa akan membawa bangsa ini berdaulat, mandiri, adil dan makmur.