Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Salatiga menyelenggarakan pelatihan jurnalistik bagi PNS perwakilan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Salatiga. Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari berturut-turut dibuka oleh Asisten Pembangunan dan Perekonomian Sekda, Daryadi, SH di ruang Kalitaman Gedung Setda Kota Salatiga, Senin (10/7).

Peserta yang merupakan PNS diharapkan dapat menyalurkan informasi dari pelatihan yang dimaksud agar OPD di lingkungan Pemerintah Kota Salatiga dapat memahami dan mengerti dasar-dasar jurnalistik. Hal ini dirasa penting untuk menangkal informasi yang salah atau hoax yang sering beredar di media sosial.

“Saat ini dengan kecanggihan teknologi dan kemudahan media sosial, hampir setiap orang dapat membuat berita dengan mudah. Berita-berita yang mereka buat juga memenuhi unsur-unsur jurnalistik yakni 5W+1H (what, where, when, who, why , how), namun tidak semua berita tersebut dapat dibuktikan kebenarannya,” terang Surya Yuli, Wartawan yang menjadi narasumber.

Hal ini dibenarkan oleh Amir Machmud, Ketua PWI Jawa Tengah yang menambahkan unsur etika dalam proses pembuatan berita jurnalistik. Setiap orang dalam membuat suatu berita perlu memperhatikan etika yang ada serta memperhatikan referensi agar informasi pada berita benar adanya.

Tak hanya dibekali mengenai pembuatan berita namun para peserta pelatihan juga diberikan materi mengenai fotografi jurnalistik yang mana dalam sebuah berita selalu dibutuhkan foto/gambar untuk mendukung keakuratan berita. Wartawan Metro Jateng yang akrab di panggil Boim tersebut mengatakan bahwa sebuah gambar harus hidup yaitu yang dapat bercerita.

Hasil akhir dari pelatihan ini diharapkan agar para Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Salatiga dapat membuat laporan dalam bentuk berita dari OPD mereka masing-masing dengan baik sesuai dengan kaidah jurnalistik. Semakin banyaknya berita positif mengenai Kota Salatiga yang diunggah baik di media sosial maupun media cetak, akan meningkatkan city branding Salatiga.

Selain itu hadir pula sebagai narasumber  Evi Sulistyorini selaku Kabid. Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Prov. Jateng , Gregorius Magnus Finneso, Kepala Biro Redaksi Kompas Jateng dan Yustisia Trisna Amin Putranti, Kasubbag Publikasi dan Pemberitaan Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Salatiga.