Meski kurang dari 20 mobil, arak-arakan Piala Adipura berlangsung meriah. Rombongan diberangkatkan oleh Walikota Yuliyanto didampingi Wakil Walikota, Forkopinda, Kepala OPD, rombongan dari halaman kantor walikota, 22/8.

Diawali oleh mobil voorijder Polres Salatiga, mobil penerangan Bagian Humas, jip pembawa replika piala adipura, mobil pembawa piala adipura, barisan mobil komunitas jip Salatiga, barisan mobil sampah, barisan mobil kebersihan milik Kantor Lingkungan hidup, mobil ambulan, dan ditutup mobil satpol PP.

Larut dalam kegembiraan, para satu rombongan pasukan kuning memainkan drumlek yang disambut juga dengan suara sirine rombongan mobil. Warga yang berada di pinggir jalan sengaja berhenti dan melambaikan tangan. Tampak pula beberapa beberapa SD yang dilalui oleh rombongan meminta para murid untuk menyaksikan arak-arakan Piala Adipura.

Dalam sambutannya, walikota berterima kasih kepada semua lapisan masyarakat yang telah bersemangat menjaga kebersihan lingkungnya. “Piala Adipura kali kedua ini adalah mejadi bukti masyarakat, pemerintah, Forkopinda, Polri, TNI, Swasta, dan segenap warga telah bersunguh-sungguh menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat. Semoga di tahun depan kita bisa meraih piala Adipura kembali dan selanjutnya tahun 2019 kita meningkat meraih Piala Adipura Kecana,” tutur Yuliyanto.

Selanjutnya piala diarak menuju 4 kecamatan, dimulai dari Kecamatan Tingkir, Kecamatan Argomulyo, Kecamatan Sidomukti, dan Kecamatan Sidorejo. Sampai di kecamatan digelar pula apel sebagai simbolis penyerahan piala adipura oleh walikota kepada para masing-masing camat.