Salatiga – Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM beserta istri mengajak anak PAUD di kota Salatiga untuk selalu meneladani ketokohan pahlawan perempuan. Diharapkan dengan adanya pembelajaran lebih dini akan menguatkan jiwa kepemimpinan mereka di masa depan.

“ Saya minta ke anak-anak untuk bisa meneladani sosok perempuan di era sekarang dengan berbagai profesi. Anak-anak juga harus menghargai dan mencontoh pahlawan nasional agar mempunyai kepribadian dan kepemimpinan yang baik kelak,” Jelas Yuliyanto SE MM saat bercerita beserta Ny Titik Kirnaningsih Yuliyanto kepada 250 anak PAUD se kota Salatiga, di Rumah Dinas Walikota Salatiga, Jalan Diponegoro No. 1 Salatiga, Senin (29/4).

Dalam ceritanya, Dirinya mengajak anak PAUD yang notabene masih berusia belia ini untuk hadir dengan jiwa kepahlawanan. Mereka kelak bisa mengabdikan dirinya menjadi penerus bangsa yang mempunyai displin ilmu yang beragam.

“ Hak laki-laki dan perempuan adalah sama. Perempuan diharapkan hadir dan ikut dalam pembangunan. Banyak profesi saat ini yang dijabat perempuan seperti polisi, insiyur, guru, sekarang perempuan boleh jadi walikota, boleh jadi apapun. Ini merupakan wujud dari emansipasi perempuan,” Bebernya.

Namun bukan hanya perempuan saja, anak laki-laki mulai usia dini juga harus rajin untuk belajar, selalu mematuhi guru dan orangtua. Menurutnya, keteladanan dan kepemimpinan harus diberikan sejak dini agar mereka mempunyai dasar yang baik.

“ Dengan adanya atraksi, menampilkan kesenian, dan dongeng yang ditunjukkan anak tadi akan membuat kepercayaan diri meningkat. Sehingga semangat ini harus kita jaga terus,” Ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga Yuni Ambarwati SH mengatakan bahwa kegiatan yang diikuti oleh ratusan anak PAUD dari kota Salatiga ini sangat bermanfaat. Menurutnya kegiatan ini bisa memperkenalkan PAUD ke masyarakat, kemudian bisa membangun kepercayaan bagi anak usia dini dan meningkatkan ketrampilan berkreasi dan tampil di tempat umum.

“ Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kami ke anak PAUD. Kepercayaan harus ditanamkan sejak usis dini. Anak-anak akan mengenal sosok pimpinan daerah seperti  Walikota Salatiga beserta bunda PAUD Kota Salatiga. Selain itu, mereka akan mengetahui rumah dari walikota Salatiga saat bekerja,”
Tuturnya.