BALAIKOTA – Arnaya Rismalia, siswa kelas 5 SLB N Salatiga mendapatkan bantuan berupa kursi roda. Bersama dengan 7 siswa lain yang merupakan anak dari anggota Satuan Perlindungan Mayarakat (Satlinmas), siswa tuna daksa ini memperoleh bantuan berupa tas dan peralatan sekolah.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Pj Walikota Salatiga, Achmad Rofai dalam upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan HUT ke-55 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Tingkat Kota Salatiga yang digelar di Halaman Pemkot Salatiga, Senin 10/04.

Dalam sambutan Gubernur Jawa Tengah yang dibacakan oleh Pj Walikota Salatiga, disebutkan bahwa Satpol PP dan Satlinmas diharapkan semakin matang dalam pengabdian untuk mewujudkan ketertiban dan keamanan masyarakat.

“Satpol PP dan Satlinmas turut mengawal pelaksanaan Pilkada serentak di 7 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah tanggal 15 Februari 2017 yang lalu, sehingga dapat berjalan dengan baik. Peran Satpol PP dan Satlinmas ini sangat dibutuhkan dalam membantu menjaga ketertiban umum selama berjalannya Pemilihan Kepala Daerah,” jelas Pj Walikota.

Lebih lanjut Satpol PP dan Satlinmas diminta untuk aktif berperan menjaga dan merawat harmoni dalam kebhinekaan bangsa, demi keutuhan NKRI. “Satpol PP dan Satlinmas saya minta tegas. Tegas itu bukan volume suara. Tegas itu santun dan humanis tanpa harus melakukan tindakan fisik. Berikan pelayanan yang cepat, tepat dan ramah pada setiap masyarakat,” katanya.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Satpol PP Kota Salatiga, Kusumo Aji mengatakan bahwa bantuan tersebut berasal dari Satpol PP Provinsi Jawa Tengah. “Bantuan ini merupakan bantuan dari Satpol PP Provinsi Jawa Tengah untuk diberikan kepada putra-putri dari anggota Satlinmas Kota Salatiga,” ungkap Kusumo Aji.

Salah satu siswa, Slamet Riyadi mengaku senang mendapatkan bantuan tersebut. “Terimakasih, saya senang mendapatkan tas dan peralatan sekolah ini. Besok akan saya pakai ke sekolah,” ujar Siswa Kelas 2 SD Kutowinangun 11 ini. (sg)