SALATIGA – Kevin Alvaro Biantoro (Alvaro) dan Pingkan Saktiani Pinatis (Pingkan) terpilih menjadi Mas dan Mbak Kota Salatiga 2018 dalam Malam Final Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kota Salatiga 2018. Acara yang digelar di Gedung Pertemuan Daerah Kota Salatiga ini dibuka secara resmi oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto pada Jumat Malam 31/08.

Alvaro dan Pingkan menyabet Juara I untuk duta wisata kategori putra dan putri atau lazim disebut Mas dan Mbak Kota Salatiga. Mereka berhasil menyisihkan 19 pasang finalis pemilihan duta wisata tahun ini. Mereka pun berhak mewakili Kota Salatiga dalam ajang yang sama di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Selanjutnya untuk Juara II dalam ajang tersebut diraih oleh Samuel Frandinata dan Fajar Purwaningsih dan Juara III adalah Daniel Zafnat dan Citra Dwi Achika.

Dalam sambutannya, Walikota Salatiga berpesan agar para finalis duta wisata dan juga alumni duta wisata Kota Salatiga yang tergabung dalam Paguyuban Duta Wisata (Pandawa) dapat berkontribusi khususnya dalam pembangunan kepariwisataan Kota Salatiga. Walikota juga menyoroti pengembangan wisata dalam berbagai bentuk misalnya wisata kuliner ataupun wisata olahraga.

“Menang kalah dalan sebuah kompetisi itu hal yang biasa. Anda semua dan juga para alumni dari ajang ini tentu saja sudah mendapatkan berbagai pembekalan dan tambahan pengetahuan. Saya harap Anda semua turut berkontribusi dalam pembangunan kepariwisataan Kota Salatiga, berikan masukan pada dinas terkait. Amati apa yang sedang jadi trend, kemudian ciptakan inovasi. Wisata itu tidak melulu tentang obyek wisata, bisa wisata kuliner, wisata olahraga dan lain-lain,” pesan Yuliyanto.

Hal serupa juga disampaikan oleh Ketua Panitia Kegiatan yang merupakan Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Salatiga, Nyoto D. Sabdo. Ia menguraikan bahwa kegiatan yang digawangi oleh Pandawa ini telah dimulai pada Senin 27 Agustus 2018 sampai Malam Final 31 Agustus 2018 dengan berbagai kegiatan antara lain kunjungan ke obyek daya tarik wisata, berbagai pembekalan, tes tertulis, wawancara, presentasi dan juga tes bakat.

Para finalis, 20 orang putra dan 20 orang putri tersebut telah terpilih dari 179 pendaftar yang terdiri dari 49 putra dan 130 putri. “Dan pada malam final terpilih 1 orang mas dan 1 orang mbak yang akan mewakili Kota Salatiga dalam ajang Pemilihan Mas dan Mbak Jawa Tengah. Lewat para duta wisata ini diharapkan promosi kepariwisataan Kota Salatiga akan meningkat,” beber Nyoto.

Selain para juara 1 sampai 3, dalam malam final tersebut terpilih juga beberapa juara kategori antara lain: Kategori Kepribadian diraih oleh Catherina Cynthia P dan Muhammad Alfinka Dwina, Kategori Intelegensi direbut oleh Yuni Maxi Putri dan Yosep Agung, Kategori Persahabatan adalah Dian Bella Sukmasari dan Muhammad Noer Ali.

Busana terbaik diraih oleh Septi Ayu Wulandari dan Orry Syah Bayu Putra, Juara Berbakat oleh Salsabilla Aisha Y dan Edho Hendrawan, Juara Fotogenic diraih Fajar Purwaningsih dan Kevin Alvaro Biantoro, Juara Favorit direbut oleh Anatha Yuesti dan Edho Hendrawan dan yang terakhir adalah Juara Kulit Sehat dimenangkan oleh Yuni Maxi Putri dan Aditya Ramadhan.

Bertindak sebagai juri dalam Malam Final adalah Gideon Guruh S.P, S.IKom, Frances Sinanu, MA dan Berta Esti, S.Psi, MA. Turut hadir menyaksikan malam final antara lain Kapolres Salatiga, Perwakilan Forkopimda, dan Kepala Dinas di Lingkungan Pemkot Salatiga. (sg)