SALATIGA – Taman Kota Salatiga di Bendosari, Kel. Kumpulrejo, Kec. Argomulyo Salatiga kini mempunyai sebuah monumen pesawat. Monumen tersebut, bersama dengan fasilitas penunjang lainnya seperti taman air dan lapangan futsal diresmikan oleh Wakil Walikota Salatiga, Muh. Haris, Kamis 28/12.

Dalam sambutannya Wakil Walikota berpesan agar fasilitas ruang publik tersebut dijaga bersama. “Apa yang sudah ada di Taman Kota Salatiga ini mari kita rawat dan jaga bersama. Taman ini dan juga Hutan Kota di seberang jalan tidak perlu tiket alias gratis. Ini adalah milik kita bersama. Karenanya, jangan sampai ada vandalisme atau perusakan terhadap ruang publik ini,” tegas Muh. Haris.

Wakil Walikota juga menyampaikan terimakasih terhadap semua pihak yang telah berperan dalam melengkapi fasilitas di Taman Kota Salatiga termasuk Mabes AU, Lanud Halim Perdanakusuma dan Lanud Adi Sumarmo yang telah membantu dalam mewujudkan monumen pesawat di Taman Kota Salatiga.

“Saya juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu Kota Salatiga dalam mewujudkan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dari 30% luas wilayah. Mari kita rajin menanam pohon, misalnya saat ulang tahun instansi atau perusahaan, tolong sisipkan acara tanam pohon,” pesan Wawali.

Selain itu, Muh Haris juga berharap agar semua spot foto di Taman Kota Salatiga tersebut ada tulisan ‘Salatiga”. “Harapannya adalah kota kita semakin dikenal agar banyak orang yang mampir ke kota kita,” kata Wawali.

Hal senada juga disampaikan oleh ketua panitia kegiatan yang dibacakan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Salatiga, Prasetyo Ichtiarto. Dalam laporannya disebutkan bahwa pembangunan monumen pesawat, taman air, lapangan futsal serta fasilitas penunjang lainnya dimaksudkan menambah daya tarik taman yang dikelola oleh DLH tersebut.

“Pesawat yang ada di monumen pesawat tersebut merupakan pesawat pinjam pakai jenis pesawat latih milik TNI AU. Selain berbagai fasilitas seperti pesawat, lapangan futsal, arena bermain anak, taman burung dan lain-lain, flora di Taman Kota Salatiga kini semakin lengkap dengan pohon  sirsak, markisa, durian dan lain-lain. Semuanya tentu saja untuk menambah daya tarik dari taman ini,” jelas Kepala DLH.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir antara lain Danrem 073 Makutarama, Jajaran Forkopimda Kota Salatiga, perwakilan dari Yonif 411 Salatiga, perwakilan dari Lanud Halim Perdanakusuma dan Lanud Adi Sumarmo serta berbagai instansi di Kota Salatiga. Selain peresmian tersebut, Wakil Walikota bersama tamu undangan berkenan melepaskan burung di taman burung dan juga menanam pohon peneduh. (sg)