SALATIGA – Sebanyak 82 pelajar terpilih dari seluruh SMA/SMK/MA se-Kota Salatiga mengikuti pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Salatiga Tahun 2019. Kegiatn Latihan atau Pemantapan tersebut dibuka secara resmi oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto di Gedung Setda Kota Salatiga, Rabu 31/07.

Walikota mengingatkan bahwa keberhasilan pelaksanaan Upacara Kemerdekaan HUT RI pada tanggal 17 Agustus mendatang sangat bergantung pada pasukan pengibar bendera. Karenanya Walikota meminta agar anggota Paskibra dapat mengikuti kegiatan pelatihan dengan sebaik-baiknya. “Perhatikan dan patuhi semua pesan maupun instruksi dari para pelatih. Berlatihlah dengan sungguh-sungguh, disiplin, dan kompak satu dengan yang lain,” kata Walikota.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota juga memberikan motivasi kepada seluruh peserta dan bercerita bahwa pada saat bersekolah ia juga pernah menjadi anggota Paskibraka. “Saya dulu saat masih sekolah juga merupakan anggota paskibraka seperti kalian. Tugas ini bukan semata-mata sebagai tanggung jawab yang selesai seiring dengan usainya pelaksanaan upacara. Namun, saya ingin semuanya dapat memaknai hal ini sebagai awal perjuangan Anda semua,” pesan Walikota.

Ia menambahkan bahwa anggota Paskibraka harus menjadi motor penggerak nasionalisme, patriotisme, dan nilai-nilai luhur bangsa. Pembekalan pendidikan karakter yang didapatkan selama latihan dan pemantapan tersebut hendaknya dapat diimplementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari bahkan disebarkan kepada teman-teman serta lingkungan sekolah.

Sementara itu dalam laporan ketua panitia kegiatan yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Salatiga, Drs. Joko Haryono, dijelaskan bahwa tujuan dari pelatihan Paskibraka adalah untuk meningkatkan keterampilan, keteladanan dan kedisiplinan dari anggota tim Paskibraka Kota Salatiga 2019.

Kegiatan pelatihan Paskibraka Kota Salatiga Tahun 2019 tersebut didahului dengan seleksi calon anggota yang telah dilaksanakan pada 25/02/2019 sampai 28/02/2019 bertempat di Balai Prajurit Makutarama Salatiga. “Seleksi tersebut diikuti oleh 475 pelajar, perwakilan dari 15 sekolah dari 29 SMK/SMA/MA yang menerima edaran seleksi. Kemudian terpilihlah 82 orang  yang terdiri dari 28 putri dan 54 putra,” ungkap Joko Haryono.

Sementara itu, satu orang siswi berhasil lolos sebagai anggota Paskibraka Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019 atas nama Ivana Joane Elisabeth Prasetia dari SMA N 3 Salatiga. Ia akan melaksanakan pelatihan dan tugas di Semarang mulai 04/08/2019 sampai 21/08/2019. “Sedangkan untuk Paskibraka Kota Salatiga, kegiatan pelatihan dimulai hari ini (31 Juli 2019) sampai dengan 18 Agustus 2019,” kata Joko Haryono.

Unsur pelaksana dalam kegiatan tersebut antara lain: Kodim 0714 Salatiga, Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Salatiga, Palang Merah Indonesia Kota Salatiga serta Purna Paskibraka Indonesia Kota Salatiga.(sg)