SALATIGA – Setidaknya 600 orang mengikuti gelaran Lomba Senam Poco-poco Guinness World Record (GWR), Aerobic dan Body Language Piala Walikota Salatiga Tahun 2019. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari, Sabtu 09/03 dan Minggu 10/03 ini digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Salatiga dan dibuka oleh Staf Ahli Walikota Salatiga Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Valentino Haribowo di Gedung Pertemuan Daerah (GPD) Kota Salatiga, Minggu 10/03.

Dalam sambutannya Staf Ahli Walikota, Valentino Haribowo memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. “Kegiatan ini tidak hanya sebagai sarana untuk menggali, melestarikan dan mengembangkan budaya bangsa melalui pembudayaan olahraga, tetapi juga dalam mendukung terselenggaranya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas),” jelas Valentino.

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud dukungan bahwa Senam Poco-Poco GWR merupakan salah satu warisan budaya dan kearifan lokal yang harus senantiasa dilestarikan dan di kembangkan, sekaligus upaya lebih memasyarakatkan Senam Poco-Poco GWR.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dinpora) Kota Salatiga, Joko Haryono. Dalam laporan penyelenggaraan, ia menyebutkan bahwa tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memotivasi dan mengoptimalkan pengembangan potensi atlet olahraga kesegaran jasmani dan rekreasi di daerah untuk mengikuti kompetisi di tingkat provinsi, nasional dan internasional.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari dan diikuti setidaknya 600 peserta yang terdiri dari 10 regu dari kelompok TK/PAUD, 16 regu dari kelompok pelajar SD/MI, SMP/MTs, SMK/SMK/MA serta 27 regu dari kelompok masyarakat umum. “Untuk kelompok TK/PAUD dan pelajar dilaksanakan hari Sabtu 09/03 dan kelompok masyarakat umum dilaksanakan Minggu 10/03,” bebernya.

Dinpora juga menghadirkan dewan juri professional antara lain: Andji Asiafi dari Persani Surabaya, Rheza dari Fit Corner Purwokerto, Yulis Indarti dari Body Motion Magelang, Yoga dan Yanto dari Tisa Surakarta. Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Ketua KONI Kota Salatiga, Dance Ishak Palit dan SKPD terkait.(sg)