SALATIGA – Sebanyak 60 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Pemkot Salatiga mengikuti Pembekalan Pensiun dan Pelatihan Kewirausahaan Tahun 2019 Angkatan II. Kegiatan tersebut dibuka oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto, SE, MM di Aula Badan Kepegawaian dan Pelatihan Daerah (BKDiklatda) Kota Salatiga, Senin 18/11.

Dalam sambutannya Walikota berpesan agar masa pensiun dipersiapkan dengan sebaik mungkin, agar sehingga saat pensiun bisa terus produktif. “Setiap orang dengan profesi apa pun, insya Allah akan mengalami masa pensiun. Oleh karena itu, hendaknya PNS memiliki persiapan dalam menghadapi masa pensiun baik fisik maupun mental, supaya saat pensiun bisa terus produktif,” urai Walikota.

Walikota menyebutkan bahwa melalui pelatihan yang dilasanakan oleh BKDiklatda Kota Salatiga ini diharapan mampu memberikan bekal, wawasan, gagasan dan ide kepada PNS yang memasuki masa pensiun. “Pemerintah berharap dengan adanya pelatihan ini, Saudara-saudara akan memiliki keberanian dan kepercayaan diri untuk dapat menciptakan karya. Baik yang memiliki nilai ekonomi maupun yang memiliki nilai pengabdian kepada masyarakat, yakni melalui wirausaha ataupun pengabdian melalui lembaga dan organisasi kemasyarakatan,” kata Yuliyanto.

Ia menambahkan bahwa pelatihan tersebut merupakan salah satu wujud dari perhatian dan ucapan terimakasih Pemerintah atas dedikasi dan peran para PNS dalam melayani masyarakat dan turut serta membangun Kota Salatiga. “Usia pensiun bukanlah sebuah masa untuk berhenti berkarya, namun sebaliknya keluarkan potensi yang Bapak Ibu miliki. Gunakan akses dan keahlian serta pengalaman kerja yang didapat selama mengabdi sebagai PNS menjadi peluang berwirausaha,” pesan Walikota.

Sementara itu dalam laporan penyelenggaraan kegiatan yang disampaikan oleh Sekretaris BKDiklatda Kota Salatiga, Bakti Harjanti, S.Sos disebutkan bahwa kegiatan diikuti oleh PNS yang memasuki masa pensiun pada tahun 2019 dan 2020. “Kegiatan dilaksanakan mulai Senin 18/11 sampai Jumat 22 November 22/11,” jelasnya.

Para peserta akan mendapatkan materi tentang wirausaha, motivasi spiritual, motivasi bisnis dan juga mengikuti kunjungan lapangan ke Jogja Farm dan juga Bakpia Sari Rasa 101 di Yogyakarta.(sg)