Salatiga(12/11), Sebanyak 34 stan kesehatan ramaikan kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional, yang di gelar di lapangan Pancasila Salatiga. Seluruh stan tersebut memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan keunggulan yang dimilikinya, selain itu masih ada senam bersama yang diikuti oleh berbagai komunitas pecinta senam.

Menyambut acara tersebut Wakil Walikota Salatiga Muh. Haris mengingatkan bahwa peringatan tahun ini merupakan momentum yang baik untuk mengingatkan kita bahwa derajat kesehatan masyarakat yang tinggi akan terwujud bila seluruh komponen bangsa berperan aktif dalam upaya kesehatan dengan memprioritaskan promotive-preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif.

Lebih lanjut Wakil Walikota menyampaikan bahwa kaitannya dengan usaha pemerintah mendekatkan akses pelayanan kesehatan melalui perlindungan finansial, pada APBN tahun 2017 telah dibayar kan iuran bagi penerima bantuan iuran (PBI) sebanyak 39.820 jiwa dan PBI APBD sebanyak 20.996 jiwa, sedangkan fasilitas kesehatan yang menerima JKN sejumlah 25 yang terdiri dari 6 puskesmas, 14 klinik dan 9 dokter praktek.

Menutup sambutannya Wakil Walikota Muh Haris mengajak seluruh insan kesehatan yang agar menjadikan peringatan hari kesehatan nasional tahun ini sebagai momentum untuk merefleksikan kembali capaian kinerja dibidang kesehatan.

Usai memberikan sambutan wakil walikota memberikan menyaksikan penandatanganan Piagam stop BABS tingkat kecamatan, yaitu Tingkir, Sidorejo dan Sidomukti, serta menyempatkan diri untuk mengunjungi stan kesehatan yang ada.