PASAR RAYA, Tidak kurang dari 3200 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga berbelanja di Pasar Tradisional. Kegiatan tersebut dalam rangka rangkaian Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) mahasiswa baru tahun 2017. Pembukaan dilaksanakan di teras Pasar Raya II Salatiga 7/8.

“Kegiatan belanja di pasar tradisional oleh mahasiswa baru ini merupakan bagian kulo nuwun anak-anak kami untuk masuk dan belajar di Salatiga. Para mahasiswa yang akan mengikuti OPAK sejak 8-11 Agustus diminta menyiapkan perbekalan dengan berbelanja di pasar. Setiap mahasiswa diminta berbelanja minimal sepuluh ribu rupiah saja. Namun kami pastikan mereka akan berbelanja lebih dari nominal tersebut, karena tidak ada pembatasan apa yang dibeli kebutuhan orientasi saja namun juga bisa keperluan harian di kos,” lapor Rahmat Hariyadi.

Sementara Muthoin mengaku telah mengajak semua kampus yang ada di Salatiga untuk melakukan hal yang sama saat orientasi mahasiswa. “Kami telah mengajak pihak kampus di Salatiga untuk melakukan kegiatan belanja di pasar tradisional, namun baru IAIN yang menyambut. Untuk kegiatan kali kedua ini perkembangannya cukup bagus, baik dari persiapan maupun pelaksanaannya. Mewakili pedagang pasar, kami mengucapkan terima kasih kepada semua mahasiswa dan pihak kampus yang telah membantu berbelanja di pasar tradisional,” sambut Muthoin.

“Kami telah berpesan kepada para pedagang agar tidak mengambil laba banyak kepada para mahasiswa. Namun mahasiswa juga saya persilahkan belajar melakukan tawar menawar dengan mereka,” tambah Muthoin.

Walikota juga menyambut baik kegiatan tersebut. “Jangan malu berbelanja di pasar tradisional, karena saya pun sering makan sop dan soto di pasar. Saya minta tolong kepada adik-adik mahasiswa untuk menjaga Kota Salatiga. Ini adalah rumah kedua kalian, kelak beberapa tahun kedepan kota ini akan menjadi kenangan yang kalian selalu rindukan,” pinta Yuliyanto.