BALAIKOTA – Rintik gerimis tak menyurutkan semangat 320 pelajar SD/MI dalam memeriahkan Pesta Siaga Kwartir Cabang Kota Salatiga Tahun 2019. Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Walikota Salatiga selaku Ketua Kwartir Cabang, Muh. Haris, SS, MSi diselenggarakan di Halaman Pemkot Salatiga, Minggu, 17/03.

Dalam sambutannya, Ketua Kwartir Cabang berpesan agar kegiatan tersebut dipergunakan sebagai sarana mengasah kemampuan, keterampilan dan kerjasama dalam kepramukaan. “Yang terpenting bukanlah menang atau kalah, namun pengalaman, pelajaran serta nilai-nilai kebersamaan dan persatuanlah yang harus diautamakan,” pesan Muh. Haris.

Muh. Haris juga berpesan agar kegiatan Pesta Siaga dapat mengajak anak-anak untuk bergembira, bermain dan unjuk keterampilan yang mengandung pendidikan dalam rangka pembentukan karakter. “Meskipun dilombakan, unjuk keterampilan dan kemampuan dalam Pesta Siaga tetap harus dalam suasana ceria dan penuh rasa kebersamaan, sesuai perkembangan kejiwaan anak-anak siaga yakni 7-10 tahun,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Panitia Pesta Siaga Kwartir Cabang Kota Salatiga Tahun 2019, Sri Windu Untari. Ia menjelaskan bahwa dalam kegiatan tersebut unsur keceriaan dan kegembiraan anaklah yang diutamakan.

Sri Windu Untari menyebutkan bahwa peserta berasal dari 4 Kwartir Ranting/Kwaran (kecamatan), dan masing-masing Kwaran terdiri dari 4 barung putra dan 4 barung putri, di mana setiap barung terdiri dari 10 siswa.

“Keseluruhan 32 barung tersebut memperebutkan barung tergiat 1 sampai 3, untuk selanjutnya maju ke tingkat Binwil Semarang yang kebetulan akan dilaksanakan di Kota Salatiga tanggal 31 Maret 2019,” jelasnya.

Ketua Panitia Pesta Siaga menguraikan bahwa tujuan kegiatan tersebut adalah untuk mempererat persaudaraan, melatih disiplin serta saling toleransi. “Adapun yang dilombakan dalam kegiatan ini antara lain: taman ketakwaan, patriotisme dan baris berbaris, punggung kemanusiaan, Jawa Tengah Hebat dan juga pentas budaya,” pungkasnya.(sg)