SIDOMUKTI – Sebanyak 29 kontingen Palang Merah Remaja (PMR) baik Mula (Tingkat SD), Madya (SMP) dan Wira (SMA) mengikuti Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) PMR Tingkat Kota Salatiga Tahun 2019. Kegiatan perkemahan bagi PMR tersebut dibuka oleh Wakil Wali Kota Salatiga, Muh Haris, SS, M.Si di Lapangan SMK N 2 Salatiga, Rabu 11/12.

Dalam amanatnya Wakil Wali Kota mengingatkan agar keberadaan PMR sebagai wadah pembinaan anggota remaja Palang Merah Indonesia (PMI) dapat turut serta mendukung terwujudnya Indonesia menuju Generasi Emas 2045.

 

“Salah satunya adalah dengan mengimplementasikan Tri Bhakti Palang Merah Remaja secara nyata di dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun hanya terdiri dari tiga poin, yakni meningkatkan keterampilan hidup sehat, berkarya dan berbakti di masyarakat, serta mempererat persahabatan nasional dan internasional, Tri Bhakti PMR mempunyai makna yang sangat dalam,” kata Wakil Wali Kota yang juga Ketua PMI Kota Salatiga ini.

Muh Haris mengatakan bahwa perkembangan teknologi agar dapat dimanfaatkan oleh generasi muda sebaik-baiknya dalam rangka mempermudah pekerjaan manusia. Ia berpesan agar semua pihak memberikan motivasi bagi generasi muda agar dapat menghasilkan karya-karya inovatif yang akan mempermudah mengatasi masalah-masalah kemanusiaan.

 

Wakil Wali Kota berpesan agar Jumbara dijadikan sarana untuk memperkuat esensi dari kepalangmerahan, baik dalam hal kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan, hingga kesemestaan. “Manfaatkan kegiatan selama tiga hari ini sebagai sarana untuk memperkaya diri dengan berbagai ilmu pengetahuan. Jangan jadikan Jumbara hanya sebagai ajang untuk berkompetisi, tetapi juga ajang untuk bersilaturahmi dan menjalin persahabatan,” pesan Muh. Haris.

Sementara itu dalam laporan penyelenggaraan yang dibacakan oleh Ketua Panitia, Sampurno disebutkan bahwa Jumbara diikuti yang diikuti oleh 29 kontingen tersebut bertema “Bersama, Bergembira, menuju insan PMI yang berkarakter”. Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari yaitu Rabu 11/12 sampai Jumat 13/12.

“Selain untuk meningkatkan keterampilan PMR, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pelatihan PMR di sekolah,” jelasnya.(sg)