Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Kota Salatiga kini bisa manfaatkan layanan mobil Samsat Keliling. Mobil pinjam pakai dari Pemkot Salatiga kepada Unit Pelayanan Pendapatan Daerah  Kota Salatiga atau lebih dikenal dengan Kantor Samsat diserahkan oleh Walikota Yuliyanto kepada Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Tengah Dr. Ihwan Sudrajat di Halaman Kantor Walikota 3/1.

Surat pinjam pakai Mobil Toyota jenis HI ACE M/T dengan nomor Polisi H 9518 B tersebut ditandatangani pihak pertama Sekretaris Daerah Fakruroji dan Pihak Kedua Kepala UPPD Kota Salatiga  Kartiko Sukarno. Adapun saksi adalah Y Tri Priyo Nugroho Kepla BKD Salatiga dan M Bakhirun Kepala Sub Bagian TU UPPD Kota Salatiga.

Dalam sambutannya Dr. Ihwan Sudrajat menyampaikan terima kasih kepada Pemkot Salatiga atas pinjam pakai mobil Samsat Keliling tersebut. “Selama ini capaian target UPPD Salatiga adalah zona merah. Semoga dengan adanya mobil Samsat Keliling ini akan membatu capaian tarjet pembayaran kendaran bermotor. Tahun 2018 Kota Salatiga saya target 50 miliar. Saya juga berharap bapak walikota berkenan memerintahkan camat dan lurah untuk menginstruksikan warganya untuk membayar pajak kendaraan bermotor,” sambut Ihwan Sudrajat.

Sementara itu walikota berharap layanan tersebut bisa semakin memudahkan masyarakat dalam proses pembayaran pajak kendaraan bermotor. “Pinjam pakai mobil samsat keliling ini bukan semata untuk mendapatkan keuntungan pemkot semata, namun juga keuntungan bagi masyarakat. Dengan tingginya bagi hasil pajak akan membantu pembangunan Kota Salatiga,” ungkap Yuliyanto.

Mobil Samsat Keliling ini dalam rencana jadwalnya tiap Hari Jumat akan mangkal di Pemkot, Hari Sabtu mangkal di depan Mal Ramayana, sedang Hari Minggu di Pasar Tiban JLS. Sementara lokasi yang disasar di empat kecamatan adalah; untuk Kecamatan Tingkir Depan Kecamatan/ Taman Tingkir dan Depan Pasar Raya 2. Untuk Kecamatan Argomulyo di Pasar Noborejo dan Pertigaan Pendem. Kecamatan Sidomukti ada di halaman Masjid Perempatan Grogol dan depan kecamatan. Sedangkan Sidorejo akan mangkal di Pertigaan Pasar Sayangan dan depan UKSW.