Sebanyak 230 kader yang tergabung dalam Forum Kesehatan Kelurahan (FKK) mengikuti Jambore Kelurahan Siaga. Kegiatan yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga ini dibuka secara resmi oleh Pj Walikota Salatiga, Achmad Rofai, Senin 15/05 di Pondok Remaja Salib Putih, Salatiga.

Dalam sambutannya, Pj Walikota mengingatkan akan pentingnya kebiasaan menjaga kesehatan. “Sebelum memulai aktivitas setiap hari, biasakan untuk berolahraga sejenak. Biasakan untuk makan sayur dan buah. Jangan lupa cek kesehatan secara berkala serta jaga kebersihan lingkungan sekitar Anda. Jangan merokok, atau paling tidak kurangi intensitas merokok Anda,” pesan Pj Walikota.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat DKK Salatiga, Marhadi. Ia menyebutkan bahwa ada 4 pilar kegiatan kelurahan siaga yaitu; kegiatan gotong royong masyarakat, upaya kesehatan, surveilance dan pembiayaan kesehatan.

“Pada tahun 2016, semua kelurahan di Salatiga atau sebanyak 23 kelurahan telah menjadi kelurahan siaga aktif dengan capaian strata pratama 0%, strata madya 21,74%, strata purnama 21,74% dan strata mandiri sebanyak 56,52. Jambore kelurahan siaga ini merupakan salah satu upaya meningkatkan koordinasi guna peningkatan capaian strata kelurahan,” urai Marhadi.

Ia menjelaskan bahwa tujuan kegiatan tersebut adalah meningkatkan peran dan fungsi kelurahan siaga sebagai wadah pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan melalui Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat. “Selain itu, kegiatan ini merupakan upaya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan kader kelurahan siaga serta meningkatkan kerjasama antar kelurahan dalam upaya peningkatan strata kelurahan siaga,” jelas Kabid Kesehatan Masyarakat DKK ini.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu Senin 15/05 dan Selasa 16/05 dengan materi jambore antara lain: lomba cerdas cermat, lomba penyuluhan serta capacity building. Dalam kesempatan tersebut Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Kota Salatiga, Organisasi Perangkat Daerah, Camat, Lurah, organisasi profesi se-Kota Salatiga menandatangani komitmen Germas Hidup Sehat.

Seusai pembukaan, peserta jambore antusias mengambil buah-buahan yang telah disiapkan oleh Panitia untuk dikonsumsi bersama. (sg)