BALIKOTA – Setidaknya 226 orang yang terdiri dari Ketua PKK RW dan Ketua LPMK se-Kota Salatiga mengikuti Sosialisasi Program Gugur Gunung Nyengkuyung Mbangun Rukun Warga (Guyub RW). Kegiatan yang dibuka oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto tersebut dilaksanakan di Gedung Setda Kota Salatiga, Senin 22/10.

Dalam sambutannya Walikota mengatakan bahwa program tersebut merupakan salah satu jawaban dari janji kampanye dan telah dituangkan dalam Perda No. 1 Tahun 2018 tentang RPJMD Kota Salatiga Tahun 2017-2022.

Walikota mengatakan bahwa program ini diluncurkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan melibatkan peran serta masyarakat mulai dari perencanaan pembangunan, pelaksanaan serta pemeliharaan hasil-hasil pembangunan.

“Pemkot Salatiga memberikan dana hibah sebanyak-banyaknya Rp. 50 juta di mana pengelolaan dilaksanakan secara penuh oleh Tim Pelaksana di Tingkat RW yang didampingi tim kelurahan dan LPMK,” ungkap Walikota.

Walikota mengatakan bahwa dasar pemikiran dari pemberian dana hibah tersebut adalah karena kebutuhan tiap wilayah tidaklah sama. Ada yang membutuhkan sarana inventaris RT/RW, ada yang membutuhkan taman terbuka hijau, ada pula yang membutuhkan pos kamling dan sebagainya.

“Dengan adanya pelibatan langsung, pembangunan diharapkan benar-benar berasal dari aspirasi rakyat dan dapat mengakomodir kebutuhan tiap wilayah itu sendiri. Saya juga minta agar warga masyarakat ikut handarbeni atau merasa memiliki dan merawat hasil pembangunan tersebut, agar bisa dinikmati juga oleh generasi yang akan datang,” kata Walikota.

Dalam laporan penyelenggara, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Salatiga, Joko Wahono mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyebarluaskan informasi tentang program Guyub RW. Harapannya adalah tumbuhnya partisipasi masyarakat dalam menyukseskan program Guyub RW.

Selain Walikota, bertindak selaku narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kota Salatiga, Gati Setiti dan juga Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Salatiga, Joko Wahono.