SALATIGA – Sebanyak 2.261 anak RA dan TK Islam se-Kota Salatiga menyemarakkan kegiatan peragaan manasik haji yang diselenggarakan di Lapangan Pancasila, Kamis 22/11. Kegiatan yang digelar oleh Ikatan Guru RA se-Salatiga tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Salatiga, Daryadi.

Dalam sambutannya, Daryadi menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan manasik haji itu. Menurutnya kegiatan tersebut merupakan salah satu wahana menumbuhkan ketaqwaan dan kecintaan terhadap ajaran Islam sejak dini kepada para generasi Islam.

“Saya berharap kegiatan ini mampu menjadi pengalaman dan bekal religi bagi anak-anak dalam kehidupannya kelak. Sehingga Insya Allah akan tercipta generasi Islam yang taat dan kokoh akidah dan akhlaknya,” kata Daryadi sebelum memukul drum sebagai tanda dimulainya kegiatan manasik haji ini.

Sementara itu dalam laporan ketua panitia kegiatan yang dibacakan oleh Ketua Ikatan Guru RA, Neneng Sumartini, disebutkan bahwa peragaan manasik haji tersebut diikuti oleh 2.261 anak dari 37 lembaga RA atau TK Islam se-Salatiga.

Ia menuturkan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan rukun Islam yang ke-5 yaitu ibadah haji. “Selain untuk pembelajaran anak, kegiatan ini merupakan sarana peserta didik untuk berkegiatan di luar kelas dengan didampingi oleh orangtua,” urai Neneng Sumartini.

Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga Fahrudin dan instansi terkait. (sg)