1448 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2019. Pembekalan tahap 2 kali ini dihadirkan Kabid Litbang Bappeda Kabupaten Boyolali digelar di Aula Kampus 1 IAIN.

Dalam pengantar pembekalan Wakil Rektor II  Kastolani berharap mahasiswa menjadi sosok yang peka di lingkungannya saat KKN. “Jika nanti dilokasi, pandai-pandailah membawa diri. Belajarlah memetakan permasalahan yang dihadapai masyarakat dan belajar mencarikan solusi,” pesan KAstolani.

Sementara itu Ari Setiawan selaku Panitia Pelaksana menjelaskan bahwa pembekalan KKN dibagi menjadi 4 tahap. “Ada 4 Kabupaten yang menjadi lokasi KKN mahasiswa IAIN yaitu; Kabupaten Grobogan, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Magelang, dan Kabupaten Purworejo. Adapun KKN kali ini adalah Tematik Berbasis Masjid. Nantinya mahasiswa akan mukim dilokasi selam 45 hari sejak tanggal 10 Januari,” terangnya.

Sedangkan Gunawan Adriyanto Kabid Litbang Bappeda Kabupaten Boyolali berharap mahasiswa bisa mendampingi masyarakat terkait ekonomi kreatif. “Hal yang bisa adik-adik semua terapkan nantinya antara lain; transfer teknologi dan inovasi kepada masyarakay untuk meningkatkan daya saing; mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan daerah baik pada tahap perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan; mendorong program inovasi desa baika spek ekonomi, infrastruktur, pemerintahan dan SDM,” jelas Gunawan Adriyanto.

“Selanjutnya dapat pula berperan dalam pendampingan desa dalam pengelolaan dan administrasi dana desa; pengembangan produk unggulan desa; pembinaan generasi muda agar lebih produktif dan kreatif; dan peningkatan keimanan dan ketaqwaan generasi muda melalui kegiatan remaja masjid,” harapnya.