SALATIGA – Sebanyak 13 partai politik di Kota Salatiga dinyatakan lolos verifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga. Dari ke-13 partai politik tersebut, terdapat 3 partai baru yang lolos, yaitu Partai Berkarya, Perindo dan Garuda.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KPU Kota Salatiga, Putnawati dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Verifikasi Partai Politik Calon Peserta Pemilihan Umum Tahun 2019 di Hotel Laras Asri Salatiga yang dihadiri oleh Walikota Salatiga Yuliyanto, Kamis 08/02.

“Selain 3 parpol baru tersebut, ada 10 partai peserta Pileg 2014 yang juga lolos verifikasi. Partai tersebut adalah Nasdem, PKB, PKS, Gerindra, Golkar, Demokrat, PDI P, PAN, PBB dan PPP. Sedangkan partai yang tidak lolos verifikasi karena tidak menyerahkan berkas persyaratan adalah Hanura dan PKPI,” jelas Putnawati.

Sementara itu dalam sambutannya, Walikota berharap agar KPU Kota Salatiga tetap menjaga kemitraan dengan berbagai pihak supaya pemilihan umum yang akan dilaksanakan dapat berlangsung dengan lancar dan kondusif.

Selain itu Walikota juga mengajak partai politik untuk berkomitmen menjaga kondusivitas wilayah Kota Salatiga. “Partai politik adalah stakeholder utama dalam pesta demokrasi. Untuk itu mari kita bersama-sama menjaga kondusivitas Kota Salatiga  baik sebelum, selama maupun setelah pesta demokrasi berlangsung,” kata Walikota.

Walikota juga mengingatkan agar segenap anggota KPU, Bawaslu, PNS, TNI maupun Polri untuk selalu menjaga netralitas. “Ada sanksi berjenjang jika Anda terbukti tidak netral dalam pemilu. Akan lebih baik jika Anda membantu sosialisasi tentang pentingnya penggunaan hak pilih dan lain-lain yang tidak keluar dari koridor hukum,” urai Walikota.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Forkopimda Kota Salatiga, Panwaslu Kota Salatiga, Kepala OPD terkait, Kecamatan, Perwakilan Parpol, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat dan insan pers. (sg)