BALAIKOTA – Sebanyak 120 pelaku pendidikan yang terdiri dari Pengawas Sekolah, Kepala SMP, SD, TK, ASN Dinas Pendidikan dan Guru TK mengikuti Sosialisasi Peraturan Perundangan-undangan di Bidang Kepegawaian dan Pendidikan Tahun 2019. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Salatiga ini dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Salatiga, Drs. Fakruroji di Ruang Kaloka, Gedung Setda Kota Salatiga, Rabu 17/07.

Dalam sambutannya, Sekda menjelaskan bahwa Dinas Pendidikan dan Jajarannya, termasuk para pelaku pendidikan mempunyai peran yang strategis karena mengemban amanah dalam mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) yang merupakan indikator penting dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan kualitas hidup manusia.

“Terkait hal tersebut, perlu dibangun sinergi antar lembaga baik pemerintah, sekolah, stakeholder dan masyarakat dalam membangun pendidikan yang berorientasi pada mutu. Kegiatan sosialisasi ini, selain untuk memberikan pemahaman yang lebih baik, merupakan salah satu upaya dalam membangun sinergi antar lembaga tersebut,” jelas Sekda.

Fakruroji juga mengingatkan kepala sekolah sebagai ujung tombak dalam mempersiapkan SDM, disamping harus mempimpin sekolah juga harus mampu menyikapi dan beradaptasi terhadap berbagai dinamika yang berkembang dengan cepat. “Tenaga pendidikan harus mampu menyikapi dan beradaptasi perkembangan zaman, seperti implemantasi kurikulum, aturan zonasi mutu, regulasi dalam PPDB, peningkatan kompetensi dan sebagainya,” urai Sekda.

Sekda yang juga menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut memaparkan tentang prinsip budaya kerja sebagaimana tertuang dalam Perwali No 8 Tahun 2017. Menurut aturan tersebut, ASN haruskan mengaplikasikan budaya kerja yang SMART yaitu ‘sembada’ atau semangat dan bersungguh-sungguh dalam bekerja, ‘mumpuni’ atau sesuai kompetensi, andarbeni atau ikut merasa memilki. “Sedangkan ‘resik’ artinya berdasarkan norma serta ‘tresna’ yaitu kecintaan terhadap pekerjaan yang berorientasi pada hasil yang maksimal,” jelas Sekda.

Sementara itu dalam laporan ketua Panitia Kegiatan yang dibacakan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan, Umi Limaningsih, SH dijelaskan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 hari yaitu Rabu 17/07 dan Kamis 18/07.

Selain Sekda, bertindak selaku narasumber dalam kegiatan tersebut antara lain; Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga dengan materi manajemen pendidikan, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah Kota Salatiga dengan materi manajemen ASN, unsur Universitas Sebelas Maret dengan materi pembinaan pengisian aplikasi e-kinerja dan unsur Taspen dengan materi  Jaminan Keselamatan Kerja dan Jaminan Kesehatan.(sg)