SALATIGA – Sebanyak 106 siswa perwakilan dari seluruh SD/MI se-Kota Salatiga mengikuti kegiatan Pelatihan Dokter Kecil untuk SD/MI Tahun 2019. Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga, Yuni Ambarwati, SH tersebut dilaksanakan di Ruang Plumpungan, Gedung Setda Kota Salatiga, Senin 16/09/2019.

Kepala Dinas Pendidikan menjelaskan bahwa kegiatan yang dilanjutkan dengan dilanjutkan dengan Pelatihan Kader Kesehatan Remaja (KKR) untuk siswa SMP/MTs se-Kota Salatiga pada Selasa 17/09 tersebut bertujuan untuk memberikan  informasi, bekal  dan pelatihan kepada duta kesehatan SD/MI, SMP/MTs se Kota Salatiga.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk mempersiapkan duta-duta kesehatan yang nantinya akan mengikuti lomba Dokter Kecil SD/MI dan SMP/MTs baik Tingkat Kecamatan maupun Kota Salatiga Tahun 2019 sekaligus sebagai ajang silaturahmi antar Dokter kecil SD/MI dan KKR SMP/MTs se-Kota Salatiga,” jelasnya.

Yuni Ambarwati, SH mengajak kepada para dokter kecil tersebut untuk mengampanyekan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan. “Ilmu yang sudah didapat dalam kegiatan seperti pengatahuan tentang tentang kesehatan lingkungan, kesehatan gigi, imunisasi, napza sampai Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) ini hendaknya ditularkan kepada teman-teman di lingkungan sekolah dan juga di rumah,” ajak Kepala Dinas Pendidikan ini.

Adapun materi untuk KKR meliputi kesehatan reproduksi remaja, imunisasi sampai dengan Gerakan Masyarakat Untuk Sehat (Germas) dengan peserta sebanyak 60 siswa SMP/MTs. Pemberi materi dalam kegiatan tersebut merupakan tim pengajar dari Dinas Pendidikan Kota Salatiga, Dinas Kesehatan Kota Salatiga dan UPTD Puskesmas Dinas Kesehatan Kota Salatiga.(sg)